Wow, Nissan Skyline GT-R V-Spec II Nur 2002 Kondisi NOS Ini Dilelang, Berminat?

  • Oleh : ADV

Selasa, 29/Jun/2021 10:07 WIB


SoundandMachine.com (Tokyo) - Dalam gelaran Tokyo Auto Salon pada tahun 2018 lalu, terdapat sebuah Nissan Skyline GT-R V-Spec II Nur 2002 yang akan dilelang oleh BH Auction di Jepang. 

Pada saat itu, harganya mencapai 35,2 juta yen atau sekitar Rp 4,6 miliar. Namun kalau Anda masi berminat untuk memilikinya, nampaknya mobil tersebut akan kembali dilelang oleh perusahaan yang sama. Sebab, namanya telah muncul di halaman daftar Lelang BH.

Baca Juga:
Layani Para Penggunanya yang Mudik, Bengkel Resmi Nissan Tetap Buka di Hari Libur Lebaran 2024

Sayangnya, untuk saat ini, perusahaan lelang tersebut belum mencantumkan harga. Di website BH Auction, mobil tersebut saat ini terdaftar dengan status sebagai "dalam negosiasi".

Baca Juga:
Tingkatkan Daya Saing Secara Global, Nissan Motor Corporation Luncurkan Strategi Bisnis Baru

Namun rasanya, harga yang akan ditawarkan akan sangat tinggi, mengingat Nissan Skyline GT-R V-Spec II Nur ini secara efektif adalah sebuah mobil baru meski tahun pembuatannya tergolong lawas, atau sering disebut New Old Stock (NOS). 

Baca Juga:
Diskon Hingga 60 Persen, Nissan Kembali Adakan Promo Spesial Bulan Ramadhan 2024

Seperti yang dijelaskan Bingo Media, mobil dua pintu yang berusia hampir 20 tahun ini tidak pernah terdaftar sama sekali dalam registrasi untuk pengunaan di jalan raya.

Lebih menarik lagi, mobil tersebut hanya memiliki angka 10 km pada odometernya. Skyline versi Nur sendiri ditawarkan sebagai paket upgrade untuk R34 Skyline, tetapi hanya untuk kelas V-Spec II dan M-Spec. 

Sebagai pembeda dengan model lain, Skyline yang mendapat sentuhan Nur tampak lebih menarik karena ada penambahan beberapa fitur ekslusif. Seperti speedometer 300 km/jam, kap serat karbon, suspensi yang lebih kaku, rem yang lebih kuat, badge khusus, cover valve emas, dan pelat VIN emas.

Lebih penting lagi, model Nur merupakan versi perbaikan performa dari mesin RB26DETT 2.6 liter twin-turbo straight-six yang pengembangannya didasarkan pada mesin balap N1. Nissan juga merombak sejumlah komponen mekanis untuk meningkatkan daya tahan. 

Perubahan ini termasuk turbocharger yang lebih besar dengan bilah turbin baja menggantikan keramik, dinding silinder yang lebih tebal, pompa oli dan air yang ditingkatkan kemampuannya, serta batang penghubung (connecting rods) yang lebih kuat.

Hasilnya, Skyline GT-R V-Spec II Nur memiliki tenaga lonjakannya cukup besar. Karena norma industri mobil Jepang pada saat itu, mobil tersebut diiklankan memiliki  tenaga sebesar 276 HP. Tetapi sebenarnya, ia memiliki lebih dari 330 HP ketika meninggalkan pabrik.

Masih menurut Bingo Media, Nissan menambahkan paket Nur ke sekitar 1.000 unit R34, di mana sekitar 700 di antaranya adalah mobil V-Spec II. Sementara mobil yang akan dilelang ini, hanyalah salah satu dari sekitar 160 unit yang diproduksi dalam warna putih, sehingga menambah kelangkaannya. Berminat? (EPS)