Bawa Sensasi Balap Ke Jalan Raya, BMW M3 dan M4 Coupe Competition Mengaspal di Indonesia

  • Oleh : ADV

Rabu, 30/Jun/2021 16:13 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - BMW M3 pertama kali diperkenalkan BMW M GmbH 35 tahun lalu, untuk menjadi kendaraan homologasi Deutsche Tourenwagen Meisterschaft (DTM) atau balap touring di Jerman, yang sangat popular. 

Hari ini, generasi ke-6 dari model legendaris tersebut secara resmi diperkenalkan di Indonesia, dalam varian the new BMW M3 Competition dan the new BMW M4 Coupe Competition. 

Baca Juga:
Resmi Meluncur di Indonesia, Generasi Baru BMW Seri 5 Kini Bertenaga Listrik Penuh

Kedua kendaraan ini, hadir dengan teknologi sasis dari BMW M4 GT3, desain eksterior ekspresif, hingga interior baru dengan material premium terbaik, dan sistem operasi BMW M Drive Professional.

Baca Juga:
Sukses Kuasai Pasar di Segmen Luxury, BMW Luncurkan Mobil Listrik iX xDrive50 dan iX1

Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia mengatakan, peluncuran dua model dari BMW M GmbH ini akan memperkuat posisi BMW sebagai manufaktur kendaraan sports terbaik di Indonesia. 

"BMW M telah mainkan peran penting dalam membentuk brand BMW. Selama hampir lima dekade, BMW M telah menjadi simbol bagi kendaraan sport performa tinggi dengan desain emosional serta serangkaian kisah sukses di kejuaraan motorsport," kata Jodie saat peluncuran secara virtual, Rabu (30/06).

Baca Juga:
Promosikan Keseimbangan Lingkungan Hidup, BMW Indonesia Pamerkan Semua Mobil Elektriknya

Ia menambahkan, BMW M3 Competition dan BMW M4 Coupe Competition terbaru menerapkan teknologi racing cars dari sirkuit ke jalan raya. Kedua mobil itu juga telah melewati ribuan putaran di Nurburgring Nordschleife, arena balap paling terkenal di dunia. 

Model baru ini hadir dengan dua konsep. Pertama ialah sedan dengan ruang hingga lima penumpang, lalu coupe empat kursi. "Dua kendaraan ini hadir untuk penuhi permintaan para pecinta Motorsport dan penggemar BMW di Indonesia," tutur Jodie. 

Desain bodi BMW M3 Competition Sedan dan BMW M4 Competition Coupe, hadir dengan gaya desain terbaru BMW. Paling mencolok, adalah BMW kidney-grill vertikal dengan kisi-kisi udara horizontal, fender yang lebar dengan BMW M gills di bagian depan dan kisi udara pada apron depan dan belakang. 

Sebagai tenaga penggerak, BMW M3 Competition dan BMW M4 Coupe Competition sama-sama dilengkapi dengan mesin 6-silinder segaris dengan Teknologi BMW M TwinPower Turbo.

Mesin tersebut, sanggup menghasilkan tenaga maksimum 510 hp, yang tersedia pada 6.250 rpm dengan red-line di 7.200 rpm, serta torsi puncak 650 Nm dari 2.750 hingga 5.500 rpm. Tenaganya, lantas disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis M Steptronic 8-percepatan dengan Drivelogic.

Memiliki tenaga dan torsi yang sangat besar, membuat BMW M3 Competition Sedan dan BMW M4 Competition Coupe hanya membutuhkan 3,9 detik untuk berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam, dan dari 0 hingga 200 km/jam hanya dalam waktu 12,5 detik. 

"Performanya semakin istimewa dengan sistem exhaust yang dilengkapi electronic-flaps, sehingga memberikan soundtrack yang kaya secara emosional," papar Jodie.

Mengenai harga, BMW M3 Competition akan ditawarkan dengan harga Rp 2.059.000.000,- (off the road). Sedangkan, BMW M4 Competition Coupe akan ditawarkan dengan harga Rp. 2.119.000.000,- (off the road). (EPS)