Ciptakan Transportasi Bebas Polusi, Mercedes-Benz Luncurkan Truk eActros

  • Oleh : ADV

Kamis, 01/Jul/2021 13:41 WIB


SoundandMachine.com (Stuttgart) - Mercedes-Benz Trucks, baru saja merayakan peluncuran perdana truk komersial eActros bertenaga baterai-listrik, untuk angkutan barang heavy-duty pada tanggal 30 Juni 2021. 

Karin Radstrom, Member of the Board of Management di Daimler Truck AG mengatakan, Mercedes-Benz Trucks mempopulerka era baru dengan peluncuran pertama produksi truk seri listrik dengan logo bintang. 

Baca Juga:
Lanjutkan Bisnisnya di Indonesia, Mercedes-Benz Resmi Diakuisi Inchape dan Indomobil

"Kita harus mengakui bahwa transportasi adalah bagian dari masalah dalam hal perubahan iklim. Pada saat yang sama, kita bisa dan kita akan menjadi bagian dari solusi. Kami mulai dengan eActros kami yang telah menempuh lebih dari setengah juta kilometer di jalan umum," kata Karin.

Ia pun yakin akan konsep dan potensi pasar eActros yang bakal direspon positif oleh pasar. "eActros dan layanan khususnya adalah langkah besar bagi Mercedes-Benz Trucks dan bagi pelanggan kami untuk menuju transportasi yang netral CO2," tuturnya.

Baca Juga:
Dari Produk Hingga Mobil Display, Work Wheels Tampil All-Out di IIMS Hybrid 2022

Inti pada teknologi eActros adalah unit penggerak dengan dua motor listrik, yang terintegrasi bersama dengan transmisi dua percepatan. "Kedua motor memberikan kenyamanan berkendara yang mengesankan, senyap dan dinamika kendaraan yang hebat," jelas Karin.

Baca Juga:
Pemerintah Dorong Mercedes-Benz Jadikan Indonesia Sebagai Ekspor Hub Kendaraan Bermotor

Bergantung pada versinya, eActros mendapatkan dayanya dari tiga atau empat paket baterai. Masing-masing beterai berkapasitas sekitar 105 kWh. Berkat kapasitas maksimum 420 kWh2, jangkauan eActros mampu mencapai jarak hingga 400 kilometer. 

Saat terhubung ke stasiun pengisian 400A DC, ketiga paket baterai perlu sedikit lebih lama dari 1 jam untuk mengisi daya dari 20 hingga 80 persen. "Dengan demikian, eActros dilengkapi dengan baik untuk kegiatan sehari-hari dalam transportasi sehubungan dengan ketersediaan dan kinerja," tambah Karin.

Untuk membantu perusahaan pengangkutan selangkah demi selangkah untuk beralih ke transportasi listrik, Mercedes-Benz Trucks telah memasukkan eActros ke dalam sistem komprehensif yang mencakup konsultasi dan produk jasa untuk pelanggan.

Sehingga, pemanfaatan kendaraan bisa digunakan sebaik mungkin, termasuk optimalisasi total biaya dan pengaturan infrastruktur pengisian daya. Selain itu, truk listrik ini memiliki digitalisasi dan konektivitas tingkat tinggi.

Melalui eActros, Mercedes-Benz Trucks tidak hanya memperhatikan keselamatan aktif, seperti MirrorCam, Sideguard Assist S1R atau Active Brake Assist (ABA) generasi kelima dengan deteksi pejalan kaki, tetapi juga pada tantangan yang terkait dengan kendaraan listrik dan sistem tegangan tinggi.

Rencananya, mulai musim gugur 2021, kendaraan ini akan diproduksi di pabrik perakitan truk terbesar Mercedes-Benz Trucks di Wörth am Rhein. Dalam beberapa bulan terakhir persiapan intensif telah dilakukan untuk proses produksi baru di sana, termasuk pembangunan jalur perakitan baru. 

Pada tahap awal, model produksi seri eActros akan tersedia di Jerman, Austria, Swiss, Italia, Spanyol, Prancis, Belanda, Belgia, Inggris Raya, Denmark, Norwegia, dan Swedia. Pasar selanjutnya akan menyusul. (EPS)