Telah Berusia Lebih Dari 1 Dekade, Nissan Berencana Luncurkan GT-R Generasi Terbaru

  • Oleh : ADV

Rabu, 14/Jul/2021 17:17 WIB
Nissan GT-R Nismo Nissan GT-R Nismo

SoundandMachine.com (Tokyo) - Tak terasa, Nissan GT-R saat ini telah berusia lebih dari satu dekade, setelah pertama kali melakukan debut pertamanya di Tokyo Motor Show pada 2007 silam. 

Selama bertahun-tahun, "Godzilla modern" telah menerima beberapa kali penyegaran 'facelif' dan edisi khusus yang tak terhitung jumlahnya. Karena terbilang usianya sudah cukup lama, banyak pecinta GT-R yang menginginkan keluarnya model terbaru.

Baca Juga:
Layani Para Penggunanya yang Mudik, Bengkel Resmi Nissan Tetap Buka di Hari Libur Lebaran 2024

Meskipun Nissan tidak pernah mengeluarkan siaran pers resmi, untuk mengonfirmasi sedang menyiapkan penggantinya, namun banyak informasi yang beredar bahwa pabrikan asal Jepang itu berencana untuk memproduksi generasi terbaru dari GT-R.

Baca Juga:
Tingkatkan Daya Saing Secara Global, Nissan Motor Corporation Luncurkan Strategi Bisnis Baru

Seperti dikutip dari laman Best Car Web, Nissan tengah menyiapkan Nissan GT-R R36 baru untuk menggantikan R35. Masih menurut laman tersebut, GT-R baru akan didasarkan pada platform 370Z.

Dengan demikian, GT-R baru dapat menggunakan platform model yang ada, tetapi dengan bodi yang sepenuhnya didesain ulang dan interior yang dirombak. Selain bodi baru, GT-R, juga akan mendapat manfaat dari peningkatan sasis, komponen baru, suspensi yang diperbarui, dan teknologi modern.

Baca Juga:
Diskon Hingga 60 Persen, Nissan Kembali Adakan Promo Spesial Bulan Ramadhan 2024

Langkah Nissan menggunakan platfom yang sudah ada sepertinya masuk akal, setidaknya dari sudut pandang keuangan. Sebab, apabila mengembangkan platform baru sangat membutuhkan biaya yang mahal, dan jika itu untuk mobil sport, belum tentu terjual dalam jumlah besar. 

Sebagai tenaga penggerak, kabarnya Nissan GT-R akan menggendong mesin bensin VR38DETT 3.8 liter twin-turbo V6, tanpa sistem hybrid ringan. Mesin tersebut, diharapkan dapat menghasilkan tenaga hingga 592 hp dan torsi 652 Nm.

Tenaga yang dihasilkan, akan mirip dengan GT-R Nismo saat ini. Tenaga tersebut, lantas disalurkan keseluruh roda (all wheel drive) melalui transmisi kopling ganda tujuh percepatan. (EPS)