Terus Populerkan Mobil Ramah Lingkungan, Toyota Aqua Generasi Baru Resmi Diluncurkan

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 20/Jul/2021 11:49 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Toyota akan terus mempopulerkan mobil yang ramah lingkungan dan untuk saat ini lebih menjagokan berjenis hybrid electric vehicle (HEV). Seperti yang dilakukan hari ini yaitu meluncurkan generasi baru salah satu mobil hybrid terlaris di Jepang, Toyota Aqua.

Aqua, atau Toyota Prius versi hatchback, hadir untuk menanggapi tingginya permintaan mobil di Jepang yang bukan hanya hybrid tetapi juga memiliki kepraktisan tinggi, dan tak kalah penting harganya lebih terjangkau.

Baca Juga:
Takut Dipakai Teroris, Toyota Wajibkan Pembeli Land Cruiser 300 Teken Kontrak

(sumber: Toyota)

Baca Juga:
Angka Kasus Bergerak Dinamis, Toyota Indonesia Turut Serta Dalam Penanganan Covid-19

Di generasi baru ini, Aqua tampil dengan desain eksterior baru yang terlihat lebih cair dalam arti lekukannya sangat halus mengikuti garis bodi.

Baca Juga:
3 Raksasa Otomotif Jepang Bergabung untuk Memproduksi Kendaraan Komersial

Kemudian untuk desain interiornya juga turut diperbarui dan dibuat lebih simpel, clean, elegan dan tentunya memiliki tingkat kepraktisan tinggi. Meski dimensi bodi tetap sama, wheelbase-nya meningkat 50 mm yang membuat kabin menjadi lebih lega.

Aqua menjadi mobil kompak Toyota pertama yang memakai layar display audio sebesar 10,5 inci.

Tidak hanya eksterior-interior, aspek engineering juga turut diimprovisasi dan sekarang memakai platform Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-B. Dengan platform tersebut membuat Aqua lebih kaku dan stabil serta lebih hening.

(sumber: Toyota)

Kemudian untuk sistem hybrid, Aqua memakai high-output bipolar nickel-hydrogen sebagai penggerak motor listrik yang merupakan pertama di dunia.

(sumber: Toyota)

Dibanding nickel-hydrogen yang ada di generasi sebelumnya, baterai Aqua terbaru ini outputnya dua kali lebih besar dan juga membuat akselerasi lebih responsif dan juga lebih halus.

Selain itu, dengan baterai terbarunya juga membuat speed range Aqua terbaru bisa lebih jauh apabila berada di mode penggerak motor listrik.

(sumber: Toyota)

Aqua menjadi Toyota pertama yang memakai comfort pedal yang dapat mengurangi lelah karena tingginya frekuensi kaki menginjak pedal gas dan rem.

(sumber: Toyota)

Pasalnya, comfort pedal dilengkapi mode power+ dimana pengemudi bisa rileks menginjak pedal gas untuk mendapatkan gaya pengereman regeneratifnya, dan bisa memperlambat laju kendaraan dengan halus.

Dengan mesin konvensional 1.500 cc Dynamic Force dan sistem hybrid yang dioptimalkan membuat Aqua memiliki konsumsi bahan bakar paling irit di kelasnya yaitu 35,8 km/liter, sekaligus lebih nyaman dikendarai.

Aspek safety juga turut diimprovisasi berawal dari sistem Toyota Safety Sense, tepatnya pre-collision system dimana benturan yang ditimbulkan ketika berbelok di perempatan bisa lebih dicegah.

Selain itu Aqua juga sudah dilengkapi Full Speed Range Radar Cruise Control agar lebih aman serta nyaman berkendara di jalan tol, Lane Tracing Assist agar mobil tetap di jalurnya, dan Plus Support untuk mengendalikan akselerasi mendadak akibat kekeliruan menginjak pedal gas.

(sumber: Toyota)

Untuk pertama kalinya di mobil kompak Toyota, Aqua dilengkapi Toyota Teammate Advanced Park dan Parking Support Brake.

Setelah pengemudi menentukan lokasi parkir di layar display, Toyota Teammate Advanced Park akan bekerja membantu memarkirkan mobilnya karena sistem akan menggerakkan setir, gas, rem, dan gigi hingga mobil masuk ke tempat parkir yang telah ditentukan.

Sementara parking support brake sudah dengan sistem terkini yang lebih mendeteksi adanya objek di sekitar mobil tersebut parkir.

Menariknya, Aqua sudah dilengkapi emergency power supply mode sebagai standar apabila berada di kondisi darurat seperti bencana alam yang membuat suplai listrik rumah terputus.

Dengan adanya emergency power supply mode, pemilik Aqua bisa mencolokkan perabot elektronik seperti termos dan hair dryer, ke power outlet AC100 V / 1.500 W.

Aqua generasi sebelumnya mencatat angka penjualan sebesar 1,8 juta unit di seluruh dunia dan itu berkontribusi mengurangi emisi gas buang sebesar 12,4 juta ton. Bahkan Aqua sendiri baru ganti generasi 10 tahun setelah peluncurannya yaitu pada tahun 2011.

Akankah Aqua generasi terbaru ini akan sukses seperti generasi sebelumnya?

(Joule)