Lindungi Pejalan Kaki, Subaru Pasang Fitur Airbag di Kap Mesin Mobil

  • Oleh : ADV

Minggu, 25/Jul/2021 15:53 WIB


SoundandMachine.com (Tokyo) -  Perkembangan berbagai fitur keamanan dan keselamatan dalam sebuah mobil, kini terasa begitu canggih. Bahkan, terkadang fitur yang ditawarkan belum pernah terbayang sebelumnya.

Selain berguna untuk pengemudi dan penumpang, fitur keselatan juga ternyata ada yang disediakan untuk penjalan kaki. Salah satu buktinya adalah airbag eksternal yang baru saja dikembangkan oleh Subaru.

Baca Juga:
Suguhkan Trek Bervariasi, Subaru Indonesia Club Gelar Safety Driving Auto Cross

Seperti dikutip dari Motor1, Subaru tengah memperkenalkan fitur airbag eksternal yang ditempatkan di kap mesin mobil dan akan digunakan pada model Subaru Levorg generasi kedua.

Baca Juga:
Angka Penjualan Terus Meningkat, Subaru Indonesia Fokus Pertahankan Dua Segmen Ini

Produsen mobil asal Jepang itu menyebut, fitur airbag eksternal ini hadir untuk memberi perlindungan bagi pejalan kaki. Saat terjadi tabrakan dengan pejalan kaki atau pesepeda, sensor yang diletakkan pada pilar A akan bekerja mengaktifkan airbag.

Cara kerjanya, saat terjadi tabrakan dengan pejalan kaki atau pesepeda. Sensor yang diletakkan di pilar A akan bekerja mengaktifkan airbag. Subaru menyebutkan jika airbag ini mungkin tidak akan menggembang jika terjadi tabrakan kecil.

Baca Juga:
Lebih Aman Dikendarai, Subaru Akan Luncurkan Sportscar BRZ Minor Change di IIMS 2024

Sebab, fitur ini berkerja dengan tergantung kekuatan dari benturan yang disebabkan kecepatan mobil. Fitur airbag eksternal ini dapat mengembang jika terjadi kecelakaan pada kecepatan 20-50 km/jam dengan suhu kerja sekitar -20 derajat celcius hinggaa 70 derajat celcius.

Meski begitu, Subaru bukanlah pabrikan pertama yang menggunakan airbag model ini. Beberapa mobil sudah menggunakan fitur ini, salah satunya adalah Volvo V40 lansiran 2021. (EPS)