Nissan Akan Rilis Mobil Listrik Baterai di Indonesia, Begini Penampakannya

  • Oleh : Julfikri

Senin, 26/Jul/2021 17:06 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Setelah e-POWER atau mobil listrik dengan mesin konvensional sebagai genset, Nissan Indonesia akan menambah lini kendaraan elektrifikasi untuk pasar Indonesia yang kali ini berupa mobil listrik baterai.

Nissan mengumumkan perilisan mobil listrik tersebut melalui teaser yang diposting di media sosial. Di teaser tersebut tampak tulisan “Zero Emission” yang menjadi identitas bahwa mobil Nissan tersebut digerakkan oleh motor listrik dengan sumber daya baterai.

Baca Juga:
Gandeng Kemenko Marves, Neta Tinjau Persiapan SPKLU di Tol Trans Jawa Jelang Lebaran

Salah satu alasan Nissan merilis mobil listrik adalah agar lebih ramah lingkungan. “Bersiaplah untuk kehadiran produk terbaru Nissan di Indonesia yang akan memberikan rasa baru berkendara ramah lingkungan.” tulis Nissan Indonesia di postingan media sosialnya (26/7/2021).

Baca Juga:
Wujudkan Komitmen Bangun Ekosistem EV, Wuling Resmikan Enam Titik DC Charging

Nissan Leaf (sumber: Nissan)

Baca Juga:
Partisipan Pabrikan Mobil Listrik Bertambah, PEVS 2024 Akan Percepat Transisi Kendaraan Listrik

Dilihat dari siluet yang ada di teaser, bisa diasumsikan bahwa mobil listrik tersebut adalah Nissan Leaf, salah satu mobil listrik terlaris di dunia.

Jauh sebelum mengeluarkan teaser untuk perilisan, Nissan sudah sounding Leaf melalui perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) pada tahun 2019 silam.

Untuk perhelatan IEMS, Nissan bukan hanya men-display unit Leaf tetapi juga menawarkan test drive mobil listrik tersebut kepada pengunjung pameran dengan rute sekeliling area Balai Kartini yang notabene venue IEMS.

Meski begitu, mengenai kehadiran Leaf spesifikasi pasar Indonesia, Nissan masih belum bisa berkomentar, “Nanti kita info detailnya,” ujar Julian Olmon, Head of Marketing Communication PT. Nissan Motor Distributor Indonesia saat dihubungi melalui pesan singkat.

Bila jadi, Leaf yang akan masuk Indonesia merupakan generasi kedua dan di Jepang sudah rilis sejak tahun 2017. Merujuk pada spesifikasi pasar Jepang, Leaf tersedia dua varian motor listrik yaitu 40 kWh dan 60 kWh.

Kehadiran Leaf akan meramaikan mobil listrik baterai di Indonesia setelah DFSK, Tesla, Hyundai, Lexus, dan Renault.

(Joule)