Viral Ditebus Rp 500 Juta, Begini Kiprah Nissan March di Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 27/Jul/2021 12:48 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Jagat media sosial akhir-akhir ini diramaikan dengan pemberitaan produser film pendek Crazy Fast Indonesian, Mochammad Chandra Kurniawan, membeli mobil kompak Nissan March seharga Rp. 500 juta milik YouTuber Arief Muhammad melalui jalur lelang.

Baca Juga:
Layani Para Penggunanya yang Mudik, Bengkel Resmi Nissan Tetap Buka di Hari Libur Lebaran 2024

Menariknya bukan hanya mengeluarkan uang hingga Rp 500 Juta untuk mobil kompak yang notabene sekitar 3 kali lipat dari harga barunya, kondisi mobilnya-pun dikabarkan kurang sehat dan pajaknya mati.

Lantas bagaimana spesifikasi standar dari Nissan March? March merupakan mobil kompak Nissan yang masuk Indonesia pada tahun 2010 dan berada di posisi menengah ke bawah pada waktu perilisannya di Indonesia.

Baca Juga:
Tingkatkan Daya Saing Secara Global, Nissan Motor Corporation Luncurkan Strategi Bisnis Baru

Disebut menengah ke bawah karena mesin yang dipakai merupakan 1.200 cc 3-silinder berkode HR12DE, dan pada waktu itu saingannya adalah Daihatsu Sirion dengan mesin 1.300 cc-nya.

Sekedar tambahan info, mesin HR12DE tersebut masih dipakai oleh Nissan untuk lini e-POWER sebagai genset untuk motor listriknya, seperti Kicks e-POWER yang beredar di Indonesia. Di Jepang sana, selain Kicks, mesin HR12DE juga dipakai di varian e-POWER pada Nissan Note dan Serena.

Baca Juga:
Diskon Hingga 60 Persen, Nissan Kembali Adakan Promo Spesial Bulan Ramadhan 2024

Meski diposisikan sebagai mobil kompak menengah ke bawah, March masih di atas kelas Low Class Green Car (LCGC) yang notabene di zaman itu belum ada, baik mobil maupun regulasinya.

Pada waktu awal perilisan, mobil yang dirakit di Indonesia tersebut dijual dengan rentang harga Rp. 138,8-158,8 Juta on the road Jakarta.

Nissan March facelift (sumber: Nissan)

March sempat facelift pada tahun 2014 dengan penambahan varian mesin 1.500 cc 4-silinder berkode HR15DE seperti Nissan Livina atau Grand Livina, namun sayangnya hanya bertahan setahun karena kalah pamor dengan kompetitornya yang berkapasitas mesin sama.

Ketika facelift, March dibanderol antara Rp. 180,7 juta sampai Rp. 201,7 juta untuk varian mesin 1.500 cc. Sekarang Nissan tidak lagi menjual March sejak tahun 2019 karena penjualannya kurang menggairahkan dan pabrik perakitannya di Indonesia sudah ditutup sejak 2020.

(Joule)