Takut Dipakai Teroris, Toyota Wajibkan Pembeli Land Cruiser 300 Teken Kontrak

  • Oleh : ADV

Selasa, 27/Jul/2021 10:08 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Toyota Land Cruiser (TLC) 300 baru saja resmi meluncur beberapa waktu lalu. Tak perlu waktu lama, SUV yang dikenal tangguh tersebut mendapat antusiasme yang tinggi dari para konsumennya.

Bahkan, mobil tersebut menembus angka pemesanan hingga 22 ribu unit hanya dalam sekejap. Meski laris manis, pihak Toyota justru bukan merasa senang, malah khawatir dengan adanya fenomena ini. 

Baca Juga:
Kembali Seperti Konsep Awal di Tahun 1984, Toyota Ungkap Wujud Generasi Baru Land Cruiser Prado

Produsen mobil asal Jepang itu berpikir, angka pemesanan yang sangat tinggi dalam waktu singkat itu menimbulkan kecurigaan bahwa akan terjadi 'penimbunan' unit Land Cruiser, untuk dijual kembali dengan harga tinggi. 

Baca Juga:
Mobil Toyota Pasar Jepang Ini Mesinnya Seperti Fortuner Varian 2.800 cc Turbo Diesel

Lebih dari itu, Toyota juga khawatir apabila SUV yang melegenda itu jatuh ke tangan para terorisme. Sebagai informasi, Toyota Land Cruiser selama ini memang menjadi pilihan alat transportasi andalan dari kelompok-kelompok terorisme.

Seperti dikutip dari Automotive News, mereka menggunakan TLC karena sepak terjangnya terkenal sebagai produk dengan durabilitas tinggi, bahkan dalam kondisi yang ekstrem. 

Baca Juga:
Toyota Land Cruiser Anyar Disebut Makin Tangguh di Medan Off-Road

Pada tahun 2015, Toyota pernah melakukan penyelidikan dengan Departemen Keuangan Amerika Serikat, untuk melihat bagaimana kelompok militan memperoleh kendaraan Toyota dalam jumlah besar.

"Toyota memiliki kebijakan ketat untuk tidak menjual kendaraan, kepada calon pembeli yang mungkin menggunakan atau memodifikasinya untuk kegiatan paramiliter atau teroris," kata Toyota USA dalam keterangannya.

Sebagai solusi, Toyota lantas membuat perjanjian dengan sang pembeli, yang nantinya akan diminta menandatangani kesepakatan dan syarat untuk tidak menjualnya lagi atau mengekspor dalam kurun waktu satu (1) tahun.

"Kami memiliki prosedur dan komitmen kontrak, untuk mencegah produk agar tidak dialihkan untuk penggunaan militer yang tidak sah. Kami juga mewajibkan diler dan distributor kami untuk melakukan hal yang sama," sambung Toyota USA.

Debut Land Cruiser 300 terbaru, hadir dengan pilihan mesin bensin dan satu diesel. Mesin bensinnya memiliki spesifikasi V6 3,5 liter twin-turbocharged bertenaga 415 PS dan torsi 650 Nm, sedangkan mesin dieselnya adalah V6 twin-turbo 3,3 liter bertenaga 309 PS dan torsi 700 Nm. (EPS)