Mengenal Fitur Trip Meter untuk Mempermudah Menghitung Jarak Tempuh

  • Oleh : ADV

Selasa, 27/Jul/2021 13:46 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Rasanya masih banyak pemilik mobil yang belum paham bagaimana cara menghitung jarak tempuh yang telah dilewatinya. Biasanya, mereka menghitung dari jumlah total odomoter, cara ini tentunya cukup merepotkan.

Padahal, ada cara yang sangat mudah, yakni dengan menggunakan indikator trip meter yang terdapat pada MID (Multi Information Display). Apalagi di mobil-mobil modern saat ini, fitur tersebut seakan wajib ada di sebuah mobil.

Yulius Purwanto, Head of Product Development PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan, trip meter berguna bagi pengemudi untuk memantau jarak perjalanan yang telah ditempuh. 

"Melalui trip meter, pengemudi bisa mengetahui berapa selisih jarak yang ditempuh dari titik A ke titik B dan sebaliknya jika mengambil rute berbeda. Saat pergi pengemudi bisa menggunakan mode Trip A sedangkan saat kembali bisa menggunakan mode Trip B, sehingga bisa diketahui perbedaan jaraknya," kata Yulius. 

Ia menambahkan, penggunaan trip meter bisa membantu pengemudi merencanakan rute perjalanan hingga mempertimbangkan aktivitas yang mungkin bisa dilakukan, seperti menepi sejenak untuk beristirahat.

Seperti disampaikan Yulius, karena terdapat dua pilihan yakni Trip A dan Trip B, yang penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Pengemudi dapat me-reset angkanya dan dapat dikembalikan ke dalam posisi nol apabila ingin mengubah atau membuat rute perjalanan baru. 

Untuk me-reset posisi trip meter ke angka nol, pengemudi dapat menekan dan menahan kenop pada spedometer sampai muncul angka nol di layar. Apabila hanya ditekan saja tanpa ditahan, maka trip meter akan berubah dari trip A ke trip B atau sebaliknya. 

Sedangkan, untuk melihat berapa jauh jarak tempuh penggunaan mobil secara total sejak diproduksi, pengendara dapat memanfaatkan fitur odometer yang juga terdapat pada MID.

"Fitur trip meter dihadirkan untuk menambah kenyamanan pengemudi ketika berkendara dan memudahkan untuk mengetahui berapa kilometer jarak yang telah ditempuh. Fitur ini juga akan memudahkan pengemudi yang melakukan perjalanan baik jarak jauh maupun dekat," tutup Yulius. (EPS)