Pabriknya Ditutup, Begini Perjalanan 4 Generasi Honda Civic Type R Rakitan Inggris

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 29/Jul/2021 15:38 WIB


SoundandMachine.com (Inggris) – Penutupan pabrik Honda of UK Manufacturing (HUM) di Swindon, Inggris, semakin dekat setelah diketahui bahwa sudah mengeluarkan mobil rakitan terakhirnya yaitu Honda Civic Hatchback.

Padahal HUM memiliki salah satu produk unggulan yang banyak dicintai para antusias otomotif yaitu Honda Civic Type R. Semenjak dirakit oleh HUM, Civic Type R dikembangkan untuk bersaing dengan hatchback performa tinggi buatan Eropa melalui sejumlah teknologi unggulan Honda.

Baca Juga:
Penjualan Honda Indonesia Meningkat di Semester Pertama 2023, Model ini Jadi Paling Laris

HUM merakit Civic Type R hingga empat generasi dan membentuk kiprah bagi Honda dalam sejarah pembuatan mobil performa tinggi, terutama dalam hal penelitian dan pengembangan.

Civic Type R (EP3) 2001-2005

Baca Juga:
Eksperimen Bahan Bakar Netral Karbon, Honda Andalkan Civic Type R di Ajang Balap Endurance 24 Jam

(sumber: Honda)

Baca Juga:
Baru Diluncurkan di Indonesia, Honda Civic Type R Sabet Penghargaan Desain Paling Bergengsi di Dunia

Civic Type R mulai dirakit di Inggris sejak 2001 dengan berbasis Civic generasi ketujuh (EP3), meneruskan generasi sebelumnya yaitu EK9 yang dirakit di Jepang.

Mesinnya memakai 2.000 cc 4-silinder berkode K20A2 naturally aspirated bertenaga 197 hp yang disalurkan oleh transmisi manual 6-percepatan close ratio, dan peningkatan performa rem.

Meski dirakit di pabrik yang sama, Honda membedakan Civic Type R pasar Jepang dengan mesin K20A bertenaga 212 hp seperti Honda Integra Type R namun tenaganya lebih kecil karena perbedaan di sistem pembuangan.

Dibanding Civic Type R pasar Eropa, mesin yang disuplai dari Jepang tersebut perbedaannya ada di exhaust manifold, lift camshaft dan kompresi piston lebih tinggi, chrome moly-flywheel, dan program ECU.

Selain itu, Honda juga membedakannya dengan helical LSD seperti di Civic Type R sebelumnya, jok Recaro, dan warna Championship White khusus pasar Jepang.

(sumber: Honda)

Mulai 2003, Civic Type R mengalami facelift namun untuk pasar Jepang lebih ke tampilannya saja. Sementara pasar Eropa, selain facelift juga mengalami improvisasi di komponen mekanikal seperti flywheel lebih ringan dan kopling mengurangi inersia yang membuatnya mampu berakselerasi lebih cepat 0,2 detik tanpa tambahan tenaga mesin.

 

Civic Type R (FN2) 2007-2011

(sumber: Honda)

Honda melanjutkan produksi Civic Type R di HUM pada tahun 2007 mengikuti pergantian generasi Civic dengan sasis yang berbeda dengan varian non-Type R. Mesin yang digunakan 2.000 cc K20Z4 memiliki tenaga 198 hp dengan transmisi manual 6-percepatan.

Civic Type R menggunakan parts eksterior khusus untuk meningkatkan aerodinamika, sasis yang lebih ringan dan kaku, dedicated suspension, vehicle stability assist, dan tangki bensin di tengah, agar meningkatkan sektor handling.

Suspensi yang digunakan di Civic Type R FN2 masih menggunakan strut suspension untuk depannya, tetapi untuk belakangnya menjadi torsion beam yang lebih sederhana dibanding double wishbone seperti pendahulunya.

Mulai dari generasi ini perbedaannya sedikit dengan pasar Jepang karena selain helical LSD menjadi standar, juga di nama, yaitu Civic Type R Euro pada tahun 2009. Pasalnya, nama Civic Type R sudah dipakai di varian sedannya sehingga menjadi pembeda dengan varian hatchback-nya.

Civic Type R FN2 merupakan yang terakhir dengan bodi hatchback 3 pintu dan mesin naturally aspirated.

 

Civic Type R FK2 2015-2017

(sumber: Honda)

Untuk pertama kalinya Civic Type R FK2 dilengkapi mesin turbo agar lebih kompetitif dengan kompetitor hatchback buatan Eropa. Dengan basis mesin K20 tepatnya K20C1 yang disuplai dari Amerika Serikat, turbo tersebut membuat tenaga Civic Type R menjadi 306 hp.

Selain itu, Civic Type R FK2 juga mengalami peningkatan di aerodinamik, dilengkapi adaptive damper system, dan ban performa tinggi untuk meningkatkan handling.

Hasilnya, Civic Type R FK2 mampu mengitari satu lap Nurburgring Nordschleife dengan catatan waktu 7 menit 50,63 detik, menjadi mobil berpenggerak depan tercepat untuk produksi massal di sirkuit terpanjang di dunia tersebut.

Selain itu Civic Type R FK2 juga merupakan yang pertama dengan bodi hatchback 5-pintu karena hatchback 3-pintu pasarnya sudah semakin berkurang.

Civic Type R FK2 diekspor ke Jepang dengan jumlah 750 unit dan menjadi satu-satunya Civic generasi kesembilan untuk pasar Jepang.

 

Civic Type R FK8 2017-2021

(sumber: Honda)

Civic Type R FK8 yang berbasis Civic generasi kesepuluh mesinnya masih sama seperti pendahulunya, namun dengan tenaga 316 hp.

Memang peningkatan tenaga mesinnnya relatif sedikit, namun Honda lebih fokus improvisasi di sektor selain mesin, seperti transmisi dan handling. Terlebih, Civic Type R FK8 masih berpenggerak depan.

Transmisi masih manual 6-percepatan, namun rasionya lebih rendah ditambah memakai rev match system dimana putaran mesin diatur secara otomatis sesuai deselerasinya, serta memakai lightweight single flywheel.

Untuk peningkatan handling, Civic Type R menggunakan sasis baru, suspensi dual-axis strut untuk depan serta multi-link untuk belakang, dan improvisasi perangkat aerodinamik.

Hasilnya, Civic Type R FK8 kembali menjadi yang tercepat di Nurburgring Nordschleife untuk mobil produksi massal berpenggerak depan dengan catatan waktu 7 menit 43,8 detik dalam satu putaran.

Mulai dari Civic Type R generasi ini Honda lebih melakukan ekspansi untuk pasar ekspornya. Selain Jepang dan Eropa, Civic Type R juga diekspor ke berbagai negara seperti Amerika Serikat dan beberapa negara ASEAN termasuk Indonesia, namun mesinnya bertenaga 306 hp.

(sumber: Honda)

Kemudian ketika facelift pada tahun 2020, Honda melakukan improvisasi di eksterior untuk meningkatkan pendinginan mesin serta mengurangi downforce, rem cakram, mengurangi unsprung weight, adaptive damper system, dan bushing serta pole joints pada suspensinya.

Bersamaan dengan facelift, untuk pertama kalinya Civic Type R dilengkapi sistem keselamatan aktif Honda SENSING, namun untuk pasar tertentu saja seperti Jepang.

Civic Type R FK8 berhenti produksi pada tahun 2021 karena penutupan HUM, menjadi yang terakhir dirakit di Inggris. Meski HUM ditutup, Honda masih melanjutkan produksi Civic Type R untuk generasi kesebelas namun belum diketahui tempat perakitannya.

(Joule)