Mengenang Kejayaan AMG Dalam Balapan 24 Hours of Spa-Francorchamps 50 Tahun Lalu

  • Oleh : ADV

Sabtu, 31/Jul/2021 11:10 WIB


SoundandMachine.com (Stuttgart) - Bagi para penggemar kecepatan, dan Mercedes-Benz, nama AMG pastinya sudah tidak asing lagi. Sebab, AMG dikenal piawai dalam meningkatkan performa mobil standar buatan pabrikan berlogo bintang tersebut.

Ternyata, AMG sudah membuat kencang mobil Mercedes-Benz sejak lebih dari 50 tahun yang lalu. Awal kejayaannya, terjadi dalam ajang 24 Hours of Spa-Francorchamps dari 24 hingga 25 Juli 1971.

Baca Juga:
Lanjutkan Bisnisnya di Indonesia, Mercedes-Benz Resmi Diakuisi Inchape dan Indomobil

Balapan ini, mempertemukan AMG dalam area sirkuit motorsport sepanjang malam, beradu kencang dengan sekitar 80 mobil balap lainnya. Tepat di tengah sirkuit, sebuah sedan mewah Mercedes-Benz yang perkasa dari seri model W 109 melaju. 

Kendaraan tersebut bukanlah mobil balap pabrikan, melainkan kendaraan yang digunakan oleh perusahaan teknik yang didirikan oleh Hans Werner Aufrecht dan Erhard Melcher pada tahun 1967.

Baca Juga:
Dari Produk Hingga Mobil Display, Work Wheels Tampil All-Out di IIMS Hybrid 2022

AMG secara komprehensif mempersiapkan pendahulu Mercedes-Benz S-Class ini untuk balapan jarak jauh, yang ditekankan pada mesin dan sasis. Mobil balap ini memiliki output tenaga sebesar 428 hp dari kapasitas mesin 6.835 cc.

Baca Juga:
Pemerintah Dorong Mercedes-Benz Jadikan Indonesia Sebagai Ekspor Hub Kendaraan Bermotor

Sementara torsinya, mencapai 620 newton meter, dan kecepatan tertinggi yang bisa dicapai lebih dari 265 km/jam. Sedangkan kemampuan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dapat ditempuh hanya dalam waktu 6,1 detik. 

Meski tak berhasil menyabet juara pertama, namun mobil garapan AMG yang dinamain 'Red Pig' tersebut, mampu menyabet posisi kedua dalam balapan yang berjalan dengan sengit itu.

Mobil 300 SEL 6.8 ini dapat bertahan dan melaju dengan andal sepanjang malam karena semakin banyak kendaraan yang keluar dari balapan, dan setelah 24 jam, mobil tersebut akhirnya melesat ke posisi kedua di belakang Ford Capri.

Nama perusahaan AMG sendiri belum dikenal secara luas pada tahun 1971, terutama bagi para pecinta mobil Mercedes-Benz yang memiliki ketertarikan di dunia balap. Nama AMG merupakan akronim huruf pertama yang diambil dari nama keluarga Aufrecht, Melcher dan kota Großaspach.

Bagi merek mobil sport Mercedes-AMG dan Mercedes-AMG Motorsport, kesuksesan di 24 Hours of Spa-Francorchamps 50 tahun lalu telah menjadi tonggak sejarah bagi brand mereka. 

Tahun ini, total 13 tim pelanggan Mercedes-AMG GT3 mengambil bagian dari 24 Hours of Spa-Francorchamps (31 Juli hingga 1 Agustus 2021). Salah satu model GT3 dikenang hingga dua kali pada hari anniversary, memakai desain yang didasarkan pada mobil balap tahun 1971 yang juga memiliki nomor awal 50. (EPS)