Toyota Mulai Penjualan Land Cruiser Generasi Terbaru di Jepang

  • Oleh : Julfikri

Senin, 02/Agu/2021 18:30 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Toyota resmi memulai penjualan SUV flagship-nya yaitu Toyota Land Cruiser 300 yang notabene generasi terbaru di Jepang.

Mulai dari harga 5.100.000 Yen atau sekitar Rp. 671 Jutaan, Land Cruiser 300 memiliki 5 tipe untuk spesifikasi mesin bensin 3.500 cc twin-turbo V6 dan 2 tipe untuk mesin Diesel 3.500 cc twin-turbo Diesel.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

Toyota Land Cruiser 300 tipe ZX (sumber: Toyota)

5 tipe untuk mesin bensin antara lain GX, AX, VX, ZX, dan GR Sport, sementara untuk 2 tipe mesin Diesel hanya ZX dan GR Sport. Tipe GR Sport merupakan tipe tertinggi dari semua varian Land Cruiser 300, sementara non-GR Sport tipe tertingginya adalah ZX.

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

Toyota Land Cruiser 300 tipe GR Sport (sumber: Toyota)

Untuk eksterior, perbedaan utama antara tipe GX, AX, VX, dan ZX ada di bumper dan pelek, sementara jika dibandingkan dengan GR Sport, selain pelek, juga bumper depan-belakang, gril, batok spion, handle pintu, mudguard belakang, emblem, lower back door, rocker moulding, dan masih banyak lagi.

Interior Toyota Land Cruiser 300 tipe ZX (sumber: Toyota)

Di sektor interior, perbedaan utama antara tipe GX, AX, VX, dan ZX ada di warna serta material interior dan fiturnya. Untuk warna interior tipe ZX ada beige dan hitam dengan material kulit, tipe VX hanya warna hitam dengan material kulit, dan AX serta ZX memakai material fabric.

Sementara untuk fitur di interior, Toyota menawarkan opsi center console box dua sisi yang bisa dibuka-tutup, cool box dan layar display 12,3 inci resolusi tinggi untuk semua tipe kecuali GX. Hands free back door di tipe ZX menjadi standar, sementara di tipe VX opsional.

Interior Toyota Land Cruiser 300 tipe GR Sport (sumber: Toyota)

Seperti halnya eksterior, perbedaan antar tipe lebih terlihat jika membandingkanya dengan GR Sport seperti interior hitam dengan aksen dark red hanya ada di GR Sport.

Sementara untuk fitur interior perbedaannnya hanya sedikit dengan ZX, yaitu di pemanas dan ventilasi di semua jok untuk tipe GR Sport, dan hanya depannya saja untuk tipe ZX.

Interior Toyota Land Cruiser 300 tipe ZX 5-penumpang (sumber: Toyota)

Kapasitas penumpang juga menjadi pembeda namun lebih ke varian mesinnya. Seperti semua varian mesin Diesel berkapasitas 5-penumpang, sementara mesin bensin hanya tipe GX yang notabene tipe paling rendah.

Sistem start dengan sidik jari (sumber: Toyota)

Land Cruiser 300 menjadi Toyota pertama yang memakai fitur keamanan berupa sensor sidik jari untuk menyalakan mesin sebagai standar untuk tipe selain GX, dan opsi untuk tipe GX.

Cara menyalakan mesin untuk sistem keamanan seperti ini adalah, pertama harus bawa Smart Key, kemudian injak pedal rem, dan sentuh jari di sensor sidik jari. Apabila sidik jarinya tidak cocok dengan yang diregistrasi data, mesin tidak bisa dihidupkan.

E-KDDS Toyota Land Cruiser 300 tipe GR Sport (sumber: Toyota)

Kemampuan off-road juga menjadi pembeda antar tipe, seperti fitur Electronic-Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS) untuk meningkatkan kemampuan menapak di tanah, dan electronic differential lock untuk meningkatkan performa off-road hanya ada di tipe GR Sport.

(Joule)