Maksimalkan Performa Off-Road, Ini Sosok Toyota Land Cruiser GR Sport

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 03/Agu/2021 10:05 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Toyota merilis versi GR Sport dari Land Cruiser 300 atau generasi terbaru bertepatan dengan dimulainya penjualan di Jepang.

GR Sport pada Land Cruiser 300 memiliki konsep sangat berbeda dibanding varian GR Sport lainnya yang umumnya berorientasi aspal. Seperti yang paling umum adalah bodykit, dan untuk Toyota pasar Jepang disertai komponen peningkatan performa kaki-kaki agar lebih baik di jalan aspal.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Konsep GR Sport untuk Land Cruiser adalah memaksimalkan performanya sebagai kendaraan off-road dengan goal aman, dan mudah dikendarai termasuk ketika menghadapi medan ganas berdasarkan masukan dari para pembalap reli Dakar.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

(sumber: Toyota)

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

Itulah mengapa penampilan eksterior Land Cruiser GR Sport sangat berbeda dibanding varian GR Sport lainnya, untuk mengejar fungsinya sebagai mobil off-road. Bumper Land Cruiser GR Sport bentuknya dirancang khusus agar lebih durabel ketika melewati medan off-road.

Namun Toyota tidak semata memikirkan fungsi, tetapi juga bagaimana supaya tampilannya menjadi lebih menarik. Salah satunya desain gril dengan tulisan Toyota yang mengingatkan Land Cruiser seri 80 sebelum facelift.

(sumber: Toyota)

Interior lebih kurang seperti grade Land Cruiser lain karena perubahan posisi mengemudi dan penempatan pedal serta setir membuatnya mengurangi getaran sekaligus meningkatkan responsibilitas ketika memindahkan beban di medan off-road.

Itu berarti Toyota membedakan interiornya dengan desain setir, smart key, dan warna hitam beraksen merah gelap serta logo GR yang membuatnya meriah, dan dibaliknya terdapat pemanas dan ventilasi di semua jok untuk meningkatkan kenyamanan bagi seisi penumpang.

(sumber: Toyota)

Setidaknya sektor kaki-kaki menjadi fokus paling utama untuk membedakan antara Land Cruiser GR Sport dengan non-GR Sport dan untuk mengetahuinya, harus membandingkan fiturnya dengan tipe lain, baik itu standar maupun opsional.

Agar lebih menapak setelah melewati gundukan dari kecepatan rendah hingga tinggi, Toyota melakukan revisi penempatan sokbreker belakang di semua tipe Land Cruiser 300.

Selain itu Land Cruiser 300 dilengkapi Linear Solenoid Adaptive Variable Suspension (AVS) yang mengontrol damping force secara independen untuk masing-masing roda untuk meningkatkan stabilitas setir dan kenyamanan, dan fitur tersebut juga ada di tipe ZX, kedua tertinggi dari GR Sport.

Kemudian untuk setirnya memakai power steering hidrolik dengan aktuator yang lebih tahan dengan medan kasar, meningkatkan manuver di kecepatan rendah, mengurangi kickback ketika berkendara off-road, dan feel lebih tangkas, dan fitur tersebut selain di tipe ZX juga ada dibawahnya yaitu VX.

(sumber: Toyota)

Namun khusus Land Cruiser GR Sport, Toyota menambahkan fitur Electronic-Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS) yang membuat suspensi dan setir bisa bekerja lebih baik.

(sumber: Toyota)

Pasalnya, E-KDSS mengatur suspensi secara elektrik agar bekerja otomatis mengontrol stabilizer depan-belakang dengan lebih presisi menyesuaikan kondisi jalan di keempat rodanya sehingga bisa lebih menapak lagi.

E-KDDS juga mengoptimalkan fitur Linear Solenoid AVS yang membuat kerja power steering hidrolik dengan aktuator tersebut jauh lebih stabil, dan juga memiliki stroke suspensi yang diperpanjang secara signifikan, serta artikulasi roda terpanjang dari setiap generasi dalam seri.

Itu berarti E-KDDS merupakan fitur yang sangat penting bagi GR Sport untuk meningkatkan performa melewati beragam kondisi jalan, sekaligus meningkatkan kenyamanan karena juga mampu mengurnagi getaran.

Land Cruiser 300 dilengkapi electronic differential lock sebagai standar untuk meningkatkan performa menghadapi beragam kondisi medan off-road namun hanya untuk roda depannya saja, sementara untuk belakang opsional.

Sementara Land Cruiser GR Sport, electronic differential lock depan-belakang sudah menjadi standar sehingga membuat performa menghadapi kondisi medan off-road lebih baik, seperti mempersingkat waktu untuk keluar dari posisi ketika mobil tersangkut.

Dengan demikian, improvisasi kaki-kaki seperti ini membuat kemampuan off-road-nya akan lebih baik tanpa menyentuh sektor mesin, baik itu mesin 3.500 cc twin-turbo V6 bensin maupun 3.300 cc twin-turbo V6 Diesel yang keduanya standar dan disalurkan melalui transmisi otomatis 10-percepatan.

Seperti itulah Toyota membuat varian GR Sport yang memang proper untuk Land Cruiser, karena memang poin utamanya adalah menerapkan aspek motorsport ke mobil jalanan sesuai karakternya masing-masing, tidak hanya aksesoris untuk bergaya semata.

Land Cruiser GR Sport dibanderol 7.700.000 Yen atau sekitar Rp. 1,01 Milyar.

(Joule)