Ingin Pasang Subwoofer Tapi Ruang Kabin Terbatas? Audison APS 8 R Jawabannya

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 03/Agu/2021 17:57 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Salah satu kendala ketika ingin memasang subwoofer adalah keterbatasan ruang. Pasalnya, subwoofer umumnya memiliki dimensi besar, begitu juga bagian kerucutnya.

Namun jangan khawatir, Audison punya subwoofer berukuran 8 inci yang bisa menyiasati terbatasnya ruang untuk instalasi, namun tetap bisa meningkatkan kualitas suara audio mobil, yaitu Audison APS 8 R.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

“Produk Audison subwoofer 8 inci yang bersuara keren.” buka Wahyu Tanuwidjaja, Chief Executive Officer PT. Audioworkshop selaku pemegang brand Audison di Indonesia kepada SounandMachine.com melalui WhatsApp (27/7/2021).

Baca Juga:
Collector Item, Nissan Skyline GT-R R32 ini Upgrade Sistem Audio Dengan Produk Audison

(sumber: Audison)

Pengembangan APS 8 R memang lebih difokusikan agar subwoofer bisa dipasang di ruang sempit seperti boks kecil 8,5 sampai 12 liter dan shallow, namun tetap menghasilkan output tinggi.

Baca Juga:
Mitigasi Sistem Audio OEM Jadi Lebih Mudah, DSP Audison Forza Kompatibel untuk Speaker Standar

(sumber: Audison)

Audison berpikiran bahwa output itu soal seberapa jauh bagian kerucut bergerak secara linier dari posisi awalnya atau ekskursi, yang berarti semakin banyak udara bergerak di sekitar kerucut, output akan semakin banyak.

Subwoofer APS 8 R menggunakan special cone-dustcap-basket geometry yang menjamin ekskursi tetap besar, sambil menjaga kedalaman pemasangan seminimal mungkin.

(sumber: Audison)

Surround dan jaring pada jeroan subwoofer APS 8 R telah dirancang dengan hati-hati untuk mencegah getaran berlebih yang tidak biasanya terjadi atau “rocking mode”.

Selain itu, sirkuit pendinginnya telah dirancang dengan ventilasi udara pada bagian keranjang di bawah jaring, sehingga tidak lagi membutuhkan ventilasi di pelat bawah, dan ketika subwoofer dipasang di dekat dinding belakang boksnya, mengurangi banyak kedalaman dari dudukannya.

Dengan memakai subwoofer APS 8 R membuat suara lebih nendang bass-nya, tanpa memakan banyak ruang dan itu sudah terbukti ketika diinstalasi.

Instalasi subwoofer APS 8 R di Toyota Venturer (sumber: BestBuddyShop Angkasa)

Seperti misalnya Toyota Venturer garapan BestBuddyShop Angkasa, subwoofer APS 8 R bisa terpasang rapi tanpa memakan banyak ruang di bagasi.

Instalasi subwoofer APS 8 R di Mercedes-Benz S 350 (sumber: BestBuddyShop Angkasa)

Contoh lain seperti Mercedes-Benz S 350 garapan Mega Audio, penggantian subwoofer APS 8 R meningkatkan kualitas suaranya namun masih bisa memanfaatkan rumah subwoofer bawaan.

Bagi yang berminat, subwoofer APS 8 R dibanderol Rp. 4.408.272,- .

Spesifikasi

Comp Single coil Subwoofer, Size 200 mm (8”), Power Handling 250 W (Continuous Power) 500 W (Peak Power), Impedance 4 Ω, Sensitivity 84 dB Magnet, High density flux ferrite, Cone Water-repellent pressed paper, Xmech 16,5 (0.65).

(Joule)