Rayakan Perjalanan Selama 35 Tahun, Toyota Rilis GR Supra Edisi Terbatas

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 06/Agu/2021 14:56 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Tidak terasa produksi sportscar Toyota Supra sudah menginjakkan usianya yang ke-35 tahun. Produksi Supra berawal dari Toyota Celica versi mesin lebih besar yaitu 6-silinder untuk menyaingi sportscar Jepang seperti Nissan Fairlady Z.

Sebagai pembeda, Toyota membuat dimensinya lebih panjang agar lebih mengakomodir mesin 6-silinder-nya tersebut, kemudian memberi nama Celica XX untuk pasar Jepang dan Celica Supra untuk pasar internasional.  

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Kemudian pada tahun 1986 Toyota resmi memakai nama Supra untuk pasar Jepang dan internasional sebagai penerus dari Celica XX atau Celica Supra. Itu berarti Supra terhitung sebagai generasi pertama dari segi nama sejak model A70 keluaran 1986-1993.

Untuk merayakan 35 tahun produksi, Toyota merilis GR Supra 35th Anniversary Edition untuk dua variannya, yaitu RZ dengan mesin 6-silinder dan SZ-R dengan mesin 4-silinder yang keduanya memakai turbo.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

Toyota GR Supra 35th Anniversary tipe RZ (sumber: Toyota)

Sebagai pembeda dengan varian regulernya, untuk tipe RZ eksterior hanya tersedia Matte Storm Grey Metallic dengan pelek standar forged berwarna matte black.

Interior Toyota GR Supra 35th Anniversary tipe RZ (sumber: Toyota)

Wireless charging Toyota GR Supra 35th Anniversary tipe RZ (sumber: Toyota)

Kemudian untuk interior tipe RZ lebih terlihat perbedaannya karena jok kulit berwarna merah, ornament corak karbon bertulisan “GR Supra 35th Anniversary” sebagai identitas, dan wireless charging.

Toyota GR Supra 35th Anniversary tipe SZ-R (sumber: Toyota)

Berikitnya untuk tipe SZ-R memiliki 5 pilihan warna yaitu white metallic, ice gray metallic, black metallic, prominence red, dan lightning yellow yang hanya ada di edisi terbatas tersebut. Selain itu, batok spionnya juga berwarna black matte yang membedakan dengan varian regulernya.

Seperti varian RZ, warna pelek untuk tipe SZ-R juga matte black, tetapi di baliknya ada sports brake.

Interior Toyota GR Supra 35th Anniversary tipe SZ-R (sumber: Toyota)

Di sektor interior, untuk tipe SZ-R perbedaannya lebih terlihat dibanding RZ ataupun edisi regulernya GR Supra, karena joknya memakai warna hitam dengan aksen merah berbahan kombinasi antara Alcantara dan kulit sintetis.

Orrnamen Toyota GR Supra 35th Anniversary (sumber: Toyota)

Sports pedal Toyota GR Supra 35th Anniversary tipe SZ-R (sumber: Toyota)

Seperti tipe RZ, interiornya juga dilengkapi ornament corak karbon bertulisan “GR Supra 35th Anniversary sebagai identitas, namun untuk tipe SZ-R pedal gas dan rem-nya sudah memakai sports pedal.

Toyota GR Supra 35th Anniversary tipe SZ-R (kiri) dan RZ (kanan) (sumber: Toyota)

GR Supra 35th Anniversary, baik tipe RZ maupun SZ-R, masing-masing dijual sebanyak 35 unit. Namun untuk tipe SZ-R, 35 unit tersebut belum diketahui jumlah unit untuk masing-masing 5 pilihan warna.

Penjualan GR Supra 35th Anniversary memakai sistem undian dimana calon pelanggannya wajib mengajukan aplikasi pembelian melalui formulir yang ada di website untuk diisi dan disubmisi antara 6-31 Agustus 2021.

Setelah batas waktu submisi, Toyota akan melakukan proses undian melalui formulir yang telah disubmisi untuk menentukan pelanggan GR Supra 35th Anniversary.

Itu berarti apabila berminat meminang sportscar edisi terbatas tersebut, punya uang saja tidak cukup, tetapi juga harus beruntung.

(Joule)