Alami Penyegaran, Nissan GT-R Nismo Jadi Mobil Jepang Termahal

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 08/Agu/2021 12:40 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Baru-baru ini Nissan merilis harga jual untuk sportscar Nissan GT-R Nismo yang mengalami minor change, yaitu 24.200.000 Yen atau sekitar Rp. 3,17 Milyar untuk reguler dan 24.640.000 Yen atau sekitar Rp. 3,22 Milyar untuk special edition.

Dengan harga segitu, dari varian regulernya saja menjadi mobil Jepang termahal yang produksi massal, semenjak Honda menghentikan pemesanan sportscar NSX dan untuk minor change yang akan dibuka pemesanannya, berstatus sebagai edisi terbatas.

Baca Juga:
Layani Para Penggunanya yang Mudik, Bengkel Resmi Nissan Tetap Buka di Hari Libur Lebaran 2024

Meski mendapat campur tangan dari in-house tuner, GT-R Nismo tetaplah terhitung sebagai standar mengingat Nissan menjual sportscar yang familiar disebut sebagai Godzilla tersebut dalam keadaan utuh, bukan opsional atau paket upgrade.

Baca Juga:
Tingkatkan Daya Saing Secara Global, Nissan Motor Corporation Luncurkan Strategi Bisnis Baru

Toyota Century (sumber: Toyota)

Baca Juga:
Diskon Hingga 60 Persen, Nissan Kembali Adakan Promo Spesial Bulan Ramadhan 2024

Lexus LS500h Executive Advanced Drive (sumber: Lexus)

Itu berarti GT-R Nismo menjadi mobil Jepang termahal untuk produksi massal, kemudian diikuti oleh Toyota Century dengan harga 20.080.000 Yen atau sekitar Rp. 2,63 Milyar dan Lexus LS500h Executive Advanced Drive seharga 17.940.000 Yen atau sekitar Rp.2,35 Milyar.

Nissan GT-R 2016 (sumber: Nissan)

Salah satu yang membuatnya mahal adalah improvisasi dari sejak Nissan merilis GT-R facelift pada tahun 2016 dan untuk pertama kalinya pada waktu itu tersedia varian Nismo dengan harga 18.700.000 Yen atau sekitar Rp2,45 Milyar.

Nissan GT-R 2019 (sumber: Nissan)

Kemudian pada tahun 2019 Nissan melakukan update dengan penyegaran eksterior, memakai turbo seperti GT-R GT3, material carbon fiber di atap dan kap mesin, fender depan, bumper, dan trunk lid, rem, dan beberapa upgrade lainnya.

Dengan ubahan tersebut tidak menambah tenaga, tetapi membuat mobilnya menjadi lebih responsif karena adanya perbedaan komponen pada turbo dan pemakaian material carbon fiber di bodi yang lebih ringan namun tetap kaku.

Honda NSX (sumber: Honda)

Di sisi lain improvisasi tersebut membuat harganya menjadi 24.200.000 Yen atau sekitar Rp. 3,17 Milyar, dan sudah mengalahkan NSX yang pada waktu itu 24.138.889 Yen atau sekitar Rp. 3,16 Milyar.

Hanya saja sebelum Honda menghentikan pemesanan NSX, terakhir kali harganya sama seperti GT-R Nismo.

Nissan GT-R Special Edition 2021 (sumber: Nissan)

Mulai tahun 2021, Nissan masih mempertahankan varian reguler GT-R Nismo dengan harga yang sama, namun ditambah varian GT-R Nismo Special Edition.

GT-R Nismo Special Edition memiliki kap mesin carbon berfinishing clear coat yang mengurangi bobot sebesar 100 gram dan sejumlah ubahan mesin seperti piston rings, connecting rods, crankshaft, flywheel, dan valve springs yang diputar dengan toleransi lebih ketat.

Ubahan mesin tersebut tidak meningkatkan tenaga, tetapi membuat putaran mesin lebih cepat, begitu juga spooling turbonya sehingga membuat performanya menjadi lebih responsif.

Improvisasi GT-R Nismo, secara teknis membuat performa lebih baik, tetapi secara tidak langsung menghilangkan salah satu DNA GT-R sebagai sportscar dengan harga lebih terjangkau untuk mengalahkan sportscar papan atas atau bahkan supercar.

(Joule)