Hanya Dibuat 30 Unit, Porsche 911 GT2 RS Clubsport 25 Siap Diajak Menaklukkan Sirkuit

  • Oleh : ADV

Senin, 09/Agu/2021 12:10 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-25 Manthey-Racing, Porsche menggoda para konsumen setianya dengan menawarkan Porsche 911 GT2 RS Clubsport 25, yang merupakan mobil balap edisi terbatas. 

Kabarnya, produsen mobil berperforma tinggi asal Jerman itu hanya akan memproduksi 911 GT2 RS Clubsport 25 sebanyak 30 unit saja, dengan pengiriman diperkirakan mulai pada Januari 2022.

Baca Juga:
Tawarkan Cicilan Terjangkau, Mandiri Utama Finance Jadi Mitra Resmi Pembiayaan Mobil Sport Porsche

"Untuk sedikit sejarah, Manthey-Racing telah menjadi mitra penting bagi Porsche sejak didirikan pada tahun 1996, dan berhasil memenangkan beberapa balapan dan gelar," kata Fritz Enzinger, Wakil Presiden Porsche Motorsport.

Baca Juga:
Hadir di GIIAS 2023, Porsche Indonesia Luncurkan Dua Model Baru Penakluk Segala Medan

Pada tahun 2013, Porsche mengkonsolidasikan kolaborasi yang sukses dengan memperoleh 51% saham mayoritas di tim balap tersebut. Baru-baru ini, kedua belah pihak juga bekerja sama untuk mengamankan rekor putaran baru di Sirkuit Nurburgring.

Model baru ini didasarkan pada versi Clubsport dari 911 GT2 RS generasi 991, yang dibatasi hanya 200 unit. Spesifikasi teknis utama tidak berubah sama sekali di sini, dengan 3.8 liter twin-turbo flat-six yang menghasilkan 691 hp dan torsi 750 Nm.

Baca Juga:
Rayakan 75 Tahun Eksistensi Mereknya, Porsche Indonesia Adakan Festival of Dreams

Tenaga yang cukup besar itu, lantas dikirim ke roda belakang melalui gearbox PDK dual-clutch tujuh percepatan. Sebagai pembeda, komponen spesial yang disematkan pada model edisi terbatas itu termasuk suspensi balap adjustable, data logger, serta sistem PSM (Porsche Stability Management).

Selain itu, dibagian interior juga terlihat lebih kosong layaknya mobil balap sungguhan, karena Porsche telah melepas beberapa komponen interior termasuk kursi kecil di bagian belakang. Agar lebih ringan, beberapa bagian bodinya dibuat dari material serat karbon.

"Clubsport 25 mengambil langkah lebih jauh dengan mengadopsi fitur-fitur yang terinspirasi motorsport. Hal itu terlihat pada mobil balap 911 GT3 R Manthey, termasuk radiator yang ditempatkan di tengah yang menarik udara dari saluran masuk yang terletak di apron depan baru," jelas Fritz. 

Hal ini tidak hanya memastikan perlindungan yang lebih baik terhadap kerusakan akibat benturan, tetapi juga memungkinkan aliran udara yang optimal untuk mempertahankan suhu mesin.

Fritz menjelaskan, bahwa berkat konsep pendinginan baru, mobil edisi khusus itu tidak perlu memiliki radiator di lengkungan roda, sehingga membantu meningkatkan aliran udara langsung ke rem depan. 

Konsep ini juga untuk memastikan rem mempertahankan suhu stabil lebih lama, dengan ventilasi vertikal mengeluarkan udara panas. Fitur menonjol lainnya termasuk bagian bawah bodi mobil yang tertutup dan desain kap mesin berventilasi yang menyalurkan udara di atas atap ke sayap belakang.

Sementara itu, saluran NACA kecil yang terletak di dekat lambang Porsche, mampu memasok udara segar ke kabin. Lalu, tak hanya membuat tampilannya makin sporty, pelek 18 inci dengan offset yang sesuai juga menghasilkan traksi yang jauh lebih lebar dibandingkan dengan 911 GT2 RS Clubsport biasa.

Sentuhan akhir hadir dalam bentuk aksen hijau dan kuning yang diterapkan di seluruh eksterior, yang merupakan sentuhan pada livery "Grello" pada mobil balap 911 GT3 Manthey. Warna tersebut dapat dilihat di berbagai area, termasuk intake depan, roda, intake samping, spatbor, penyangga sayap, dan emblem belakang.

"911 GT2 RS Clubsport 25 mendapat manfaat dari pengalaman balap motor yang telah diperoleh Manthey dan Porsche Motorsport di seluruh dunia. Ini adalah mobil balap sirkuit yang sempurna untuk pengemudi pribadi yang ambisius, dan ini adalah contoh keterampilan teknik yang mengesankan," pungkas Fritz. (EPS)