Yuk, Rutin Bersihkan Kaca Mobil Agar Terhindar dari Jamur Membandel

  • Oleh : ADV

Kamis, 12/Agu/2021 15:07 WIB
Ilustrasi poles kaca mobil Ilustrasi poles kaca mobil

SoundandMachine.com - (Jakarta) - Salah satu faktor penyebab berkurangnya kenyamanan saat berkendara, bisa dipengaruhi oleh daya pandang pengemudi yang tidak maksimal. Salah satu penyebabnya, area kaca depan mobil yang mulai terlihat buram. 

Biasanya, kaca yang buram karena dipengaruhi banyaknya noda yang bertumpuk dan menempel, sehingga sulit dibersihkan dan menimbulkan jamur. Padahal, kita bisa mencegah kotoran menempel pada kaca dengan mudah, asal rajin. 

Baca Juga:
Waspada Musim Hujan, Ini Cara Mudah Hindari Kaca Mobil Berjamur

Seperti noda bekas cipratan air hujan, yang sangat mudah diseka dengan wiper, plus siraman air bersih atau ritual cuci mobil sekalipun. Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra Peugeot Sunter mengatakan, munculnya jamur pada kaca biasanya disebabkan oleh air.

Jamur pada kaca

"Air tersebut bercampur dengan kotoran, kemudian langsung terpapar terik panas matahari. Kadang hujan dan terik memang mempercepat proses jamuran. Titik-titik air akan menguap dan meninggalkan kerak air," jelas Roni.

Selain itu proses pengeringan mobil tidak sempurna bisa juga menghadirkan jamur. Jamur kaca yang awal sedikit, juga bisa makin terlihat jelas. Makanya biasakan cuci mobil dalam kondisi apapun, terutama area kaca mobil guna hindari noda, dan keringkan dengan maksimal. 

Gunakan sabun khusus dan langsung di lap kain bersih. Hindari matahari lansung terlalu sering, agar noda bekas cucian tidak berbuah jamur. Tapi kalau noda pada kaca sulit dibersihkan meskipun sudah berkali-kali dicuci, dapat dipastikan kalau kaca mobil Anda sudah banyak dihinggapi jamur pada permukaan luarnya. 

Segera bersihkan dan keringkan air pada kaca mobil

Jika benar kaca mobil sudah terlihat ada banyak jamur, untuk menghilangkannya pun tidak boleh dilakukan sembarang. Meskipun di pasaran banyak yang memasarkan cairan khusus pengusir jamur kaca. 

Apalagi tiap produsen mobil memiliki spesifikasi material kaca berbeda-beda. "Sehingga perlu penanganan khusus untuk menghilangkan jamur pada permukaan kaca. Jika salah penanganan bisa berdampak pula pada kaca mobil itu sendiri," wanti Roni Agung.

Jika tidak ingin itu terjadi pada mobil, beberapa bengkel resmi ikut menyediakan servis khusus rawat kaca mobil. Selain itu, bisa juga mendatangi salon mobil terpercaya. "Ingat perawatan ini harus dikerjakan mekanik andal, tentu dengan material dan peralatan khusus agar hasilnya sempurna," pungkas Roni. (EPS)