Bebas Ribet, Mercedes-Benz Luncurkan Flexible Charging System untuk Segala Jenis Mobil Listrik

  • Oleh : ADV

Jum'at, 13/Agu/2021 15:45 WIB


SoundandMachine.com (Stuttgart) - Terkadang bagi para pemilik kendaraan listrik kerap merasa repot atau ribet, karena colokan atau port alat charger yang berbeda beda antara stasiun pengisian listrik yang satu dengan lainnya.

Sebagai solusi atas masalah tersebut, Mercedes-Benz telah menciptakan solusi pengisian daya untuk siapa saja, yang sering mengemudikan kendaraan listrik dan memerlukan opsi untuk mengisi daya yang berbeda-beda melalui Flexible Charging System terbaru. 

Baca Juga:
Lanjutkan Bisnisnya di Indonesia, Mercedes-Benz Resmi Diakuisi Inchape dan Indomobil

"Sistem ini memiliki konektor Tipe 2 yang terintegrasi, sehingga memungkinkan kendaraan untuk diisi hingga 22 kW dari sumber AC mana pun," tulis pabrikan asal Jerman tersebut dalam keterangan resminya.

Baca Juga:
Dari Produk Hingga Mobil Display, Work Wheels Tampil All-Out di IIMS Hybrid 2022

Alat ini, dapat digunakan untuk kendaraan hybrid atau kendaraan listrik penuh. Di sinilah Flexible Charging System baru berperan. Sistem ini kompatibel dengan semua model kendaraan listrik saat ini, masa depan, dan kendaraan plug in hybrid dari Mercedes-Benz AG. 

Dengan solusi pengisian daya yang praktis dan portabel ini, konsumen akan selalu memiliki sistem yang tepat di bagasi mobilnya. Baik ketika di rumah, di basement, di tempat kerja, ataupun saat sedang bepergian.

Baca Juga:
Pemerintah Dorong Mercedes-Benz Jadikan Indonesia Sebagai Ekspor Hub Kendaraan Bermotor

Pada ujung sistem pengisian kendaraan terdapat konektor Tipe 2 terintegrasi, yang dapat digunakan untuk memudahkan pengisian daya semua kendaraan Eropa. Berbagai adaptor dapat dengan mudah dipasang di titik pemisahan adaptor. 

Sistem akan secara otomatis mendeteksi adaptor yang berbeda dan menyesuaikan daya pengisian yang sesuai. Daya pengisian maksimum Flexible Charging System adalah 22 kW, namun ini juga dapat disesuaikan secara manual tergantung kebutuhan.

Seperti semua aksesoris milik Mercedes-Benz, keselamatan adalah prioritas utama Mercedes-Benz. Maka dari itu, sistem ini memiliki sensor suhu terintegrasi di adaptor rumah tangga yang melindungi dari panas berlebih. 

Sistem ini dapat digerakkan dengan berat hingga 1,1 ton dan terlidungi, sesuai dengan sertifikat IP67 bahkan jika terjadi perendaman sementara. Sistem ini memiliki pemutus arus sisa terintegrasi, dirancang untuk kisaran suhu -30 hingga +50 °C, dan hampir semua komponen bersertifikat AECQ. 

Berkat bentuknya yang praktis dengan panjang kabel keseluruhan berkisar lima meter, sumber listrik yang tidak dapat diakses langsung oleh kendaraan juga dapat digunakan secara efisien. 

Flexible Charging System ini dikemas dalam wadah berkualitas tinggi di mana semua aksesori tersusun dengan rapi ditempatnya, sehingga dapat mencegah kekusutan semua kabel pengisi daya yang berbeda di bagasi. 

Aksesori yang termasuk dalam produk ini adalah kabel ekstensi lima meter, kunci pengaman, dan dudukan yang dipasang di dinding. Semua adaptor juga tersedia secara terpisah. Di Indonesia, harga rekomendasi retail perangkat ini seharga Rp 34,247,500. (EPS)