Mengenal GR Parts, Divisi Aftermarket dari Toyota Gazoo Racing

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 15/Agu/2021 13:57 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Akhir-akhir ini Toyota semakin gencar dengan Gazoo Racing atau GR, baik sportscar dengan emblem GR sebelum nama modelnya seperti GR Supra, maupun varian sporti dari mobil non-sportscar yaitu GR Sport.

Namun tidak semua mobil Toyota memiliki varian GR Sport, tetapi bukan berarti tanpa varian GR Sport tidak bisa merasakan sebagain DNA motorsport Toyota Gazoo Racing. Itulah sebabnya GR memiliki divisi aftermarket yaitu GR Parts.

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

Tentunya komponen GR Parts sangat berbeda dengan GR Sport, karena terhitung sebagai aftermarket yang berarti dijual terpisah, sedangkan GR Sport hitungannya bawaan atau OEM, meskipun beberapa parts-nya tersedia sebagai aftermarket.

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

Toyota Hilux dengan GR Parts (sumber: Toyota)

Itulah mengapa GR Parts tersedia untuk model Toyota yang tidak ada varian GR Sport seperti Yaris, Yaris Cross, Camry, Hilux, Roomy, dan Harrier.

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

Dalam ruang lingkup aftermarket, GR Parts prinsipnya hampir sama dengan Toyota Racing Development (TRD), terutama dari ketersediaan parts antara estetika dan performa.

GR Performance Damper untuk Toyota Hilux (sumber: Toyota)

Seperti misalnya GR Parts untuk peningkatan performa di model tertentu saja seperti Hilux, Yaris, Yaris Cross, Camry, dan sebagainya.

Toyota C-HR GR Sport tanpa GR Parts (sumber: Toyota)

Toyota C-HR GR Sport dengan GR Parts (sumber: Toyota)

Meski demikian, GR Parts untuk model Toyota varian GR Sport tetap ada, namun fokus pemasarannya lebih ke varian GR Sport ketimbang non-GR Sport.

Seperti lip spoiler GR Parts hanya tersedia untuk C-HR GR Sport, sedangkan untuk C-HR non-GR Sport ada penguat sasis, shift knob, setir, dan tombol starter yang notabene OEM dari C-HR GR Sport.

(sumber: Toyota)

GR Parts untuk varian GR Sport umumnya sebatas variasi dan yang paling umum adalah karpet untuk menambah suasana sporti di kabin.

Toyota GR Supra dengan GR Parts (sumber: Toyota)

Selain itu, GR Parts juga tersedia untuk model Toyota yang sudah GR dari pabriknya seperti GR Supra, GR Yaris, dan sesaat lagi akan tersedia untuk GR 86.

Pembersih injektor (sumber: Toyota)

Racing Recorder (sumber: Toyota)

Menariknya untuk produk cairan seperti oli, pembersih injektor, dan cairan pembersih kaca juga masuk dalam GR Parts. Berhubung motorsport terkait pengemudi, GR Parts juga menyediakan racing recorder untuk data feedback ketika memacu kendaraannya di sirkuit.

Itu berarti kehadiran GR Parts bisa diasumsikan lebih ke branding untuk Toyota Gazoo Racing sebagai divisi motorsport untuk Toyota. Lantas apakah GR Parts akan menggantikan TRD ke depannya? Jawabannya bisa iya bisa tidak.

Bisa iya karena mobil Toyota pasar Jepang keluaran 2020 keatas, untuk varian sporti-nya lebih ke GR Parts, seperti Yaris dan Yaris Cross. Artinya, bukan hal yang tidak mungkin untuk parts berorientasi sporti atau performa, akan dialihkan ke GR Parts.

Namun bisa juga tidak, karena bisa saja ke depannya Toyota membuat diferensiasi yang lebih nyata antara TRD dan GR Parts, bahkan sekarangpun tidak semua model Toyota tersedia parts aftermarket GR Parts.

Seperti Sienta, Raize, Alphard, Vellfire, Esquire, Corolla, Passo, Crown, Hiace, Probox, RAV4 dan Prado yang parts aftermarket-nya hanya tersedia parts TRD, sementara GR Parts tidak ada.

Lexus, yang kerap membawa nama “Gazoo Racing” ketika berpartisipasi di ajang balap, sampai sekarang tidak ada GR Parts-nya dan untuk saat ini memakai TRD.

Toyota Voxy dengan bodykit TRD (sumber: Toyota)

Toyota Voxy GR Sport dengan aksesoris GR Parts (sumber: Toyota)

Menariknya ada model Toyota yang tersedia parts aftermarket TRD dan GR Parts, yaitu Hilux, Voxy, Noah, Prius PHV, dan C-HR. Berhubung Voxy, Noah, Prius PHV, dan C-HR tersedia varian GR Sport, TRD lebih fokus untuk varian non-GR Sport untuk keempat model tersebut.

(Joule)