Toyota RAV4 Hybrid Serba Hitam Ini, Miliki Sistem Audio Spesial yang Dirancang JBL

  • Oleh : ADV

Minggu, 15/Agu/2021 15:29 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Boleh dibilang, Toyota RAV4 menjadi salah satu produk unggulan Toyota di kelas Sport Utility Vehicle (SUV) kompak, yang cukup digemari para konsumen di beberapa negara. 

Sebagai upaya untuk memberikan pilihan varian yang lebih ekslusif, produsen mobil asal Jepang tersebut telah menghadirkan RAV4 Hybrid Black Edition pada 2020 lalu di Eropa. Sesuai namanya, mobil tersebut hadir dengan tampilan serba hitam.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Selain warna, tentu ada tambahan beberapa aksesori lain untuk melengkapi tampilan dan membuat nuansa berbeda dari RAV4 versi biasa. Sejumlah aksesori pendukung di mobil juga diberi warna hitam seperti kisi-kisi gril depan dan bawah, bumper, cover kaca spion samping, hiasan belakang, dan spoiler.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Tak hanya itu, pelek 19 inci juga hadir dalam balutan warna yang mengkilap. Bahkan sensor “Intelligent Clearance Sonar” dicat hitam. Meski didominasi oleh warna hitam, ada beberapa elemen kecil yang tidak hitam, yaitu logo mobil dan lampu depan serta belakang.

Masuk ke bagian interior, nuansa hitam ikut terasa. Di bagian ini terpasang jok yang sudah dibungkus dengan bahan kulit berwarna hitam, kemudian dipermanis oleh jahitan abu-abu. 

Baca Juga:
Suara Lebih Detail, Speaker Alpine DP-65C Cocok untuk Upgrade Audio Toyota Yaris Cross

Nah, bagi penggemar audio berkualitas, rasanya bakal cocok dengan RAV4 ini, sebab, Toyota telah menggandeng produsen audio ternama asal Amerika Serikat, JBL, untuk merancang sistem tata suara di SUV tersebut.

Sistem audio premium JBL yang dipasang, terdiri dari sembilan buah speaker dengan radio digital DAB. Menggunakan sistem Audio JBL, Toyota mengklaim bahwa seluruh nada dari speaker akan keluar dengan jernih dan mantap.

Selain itu, deretan fitur standar lain yakni kamera 360 derajat, kaca spion kabin digital,  pengisian daya nirkabel, dukungan koneksi Apple CarPlay dan Android Auto.  Toyota menyematkan sejumlah fitur keselamatan baru Toyota Safety Sense.

Toyota RAV4 Hybrid Black Edition, dibekali mesin bensin empat silinder A25A-FXS berkonfigurasi 2,5 liter Dynamic Force. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 175 hp dan torsi puncak 221 Nm. 

Selain mesin konvensional, mobil ini telah dilengkapi motor listrik. Jika keduanya bekerja secara bersaaman maka tenaga yang dikeluarkan sebesar 215 hp untuk model penggerak roda depan, atau 218 hp dengan penggerak semua roda. Tenaga mesin disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis jenis CVT. 

Toyota mengklaim RAV4 Black Edition mampu melaju dari kecepatan 0 ke 100 km/jam hanya dalam waktu 8,1 detik. Saat ini, Toyota RAV4 Black Edition baru tersedia di Eropa, dan kemungkinan akan hadir ke pasar benua lain. (EPS)