Mobil Terbaru Dengan Audio System Bose Semakin Bertambah di Indonesia, Apa Saja?

  • Oleh : Julfikri

Senin, 23/Agu/2021 19:00 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Akhir-akhir ini produsen audio Bose kerap menjadi pilihan bagi para manufaktur otomotif terkemuka di dunia, dan menariknya itu juga menjadi pilihan para agen pemegang merk (APM) di Indonesia.

Benar, mobil yang dijual di dealer resmi dengan sistem audio Bose semakin bertambah, mulai dari harga paling murah yaitu sekitar Rp. 200 juta hingga kelas atas dengan rentang harga diatas Rp. 1 Milyar untuk menunjang penjualan. Lantas mobil apa saja yang sudah memakai audio system Bose?

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Kia

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Kia Sonet (sumber: Kia)

Kia tercatat sebagai mobil paling murah di Indonesia yang memakai audio system Bose, yaitu Kia Sonet tipe Premiere dengan harga  Rp. 289.000.000,- dengan 7-speaker.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Berdasarkan pemantauan terakhir di website, mobil Kia di Indonesia yang memakai audio Bose baru Sonet ini saja, sementara untuk model Kia lain seperti Sedona misalnya, tidak dilengkapi audio Bose atau bahkan premium sound.

Mazda

Mazda CX-5 (sumber: Mazda)

Mazda termasuk yang kontinyu memasarkan mobil dengan audio system Bose di Indonesia dari sebelum era SKYACTIV sekitar tahun 2012, seperti misalnya CX-9.

Jika dibandingkan dengan yang di Jepang sana, audio system Bose sebetulnya sudah ada dari kelas SUV kompak Mazda CX-3, namun untuk pasar Indonesia hanya Mazda6 Sedan, Mazda6 Estate, CX-5, CX-8, dan CX-9.

Jumlah speakernya untuk CX-5 dan CX-8 sebanyak 10 buah, dan CX-5 dilengkapi teknologi Centrepoint 2 dan Audiopilot 2, Mazda6 Sedan dan Estate 11 buah, dan CX-9 sebanyak 12 buah.

CX-5 sempat menjadi mobil paling yang memakai audio system Bose, dan sejak ada Kia Sonet menjadi kedua paling murah, yaitu dengan harga Rp. 555.800.000,-.

Hyundai

Hyundai Staria (sumber: Hyundai)

Baru-baru ini Hyundai Motor Indonesia meluncurkan MPV mewahnya yaitu Hyundai Staria, dan menarikya sudah dilengkapi audio system Bose dengan 12 speaker premium yang terpasang di setiap sudut kabin sehingga suaranya bisa lebih detail.

Menariknya, audio system Bose tersebut dilengkapi Dynamic Speed Compensation yang secara otomatis menyesuaikan volume suara dengan kecepatan mobil dan itupun masih ditambah peredaman.

Setidaknya baru Staria ini saja model Hyundai yang audio system-nya Bose, selebihnya masih belum bahkan untuk Santa Fe dan Palisade yang notabene pasarnya besar karena SUV, tidak memakai premium sound.

Porsche

Porsche Cayenne (sumber: Porsche)

Setidaknya hampir semua model Porsche di Indonesia tersedia audio system Bose yang tentunya dirancang khusus untuk masing-masing model. Sebut saja 718, 911, Macan, Cayenne, Panamera, dan Taycan.

Namun Bose bukan audio yang paling unggulnya, melainkan Burmester karena memiliki spesifikasi lebih tinggi, bahkan menjadi opsi untuk salah satu varian termahal seperti “turbo” dari masing-masing model, seperti 911 Turbo, Cayenne Turbo, Panamera Turbo, dan Taycan Turbo.

Sebagai perbandingan untuk Cayenne Turbo, audio system Bose memiliki 14 speaker, amplifier, dan subwoofer dengan total output 710 Watt, sedangkan Burmester audio sudah 2-way dengan 21 speaker, subwoofer aktif 400 Watt, D Class Amplifier, dan total output 1.455 Watt.

Contoh lain seperti Taycan S Turbo yang dipamerkan ketika peluncuran, sudah full-option dan audionya Burmester, bukan Bose.

Hanya saja tidak semua varian Porsche memposisikan Burmester sebagai opsi audio tertinggi, semenjak tidak tersedia untuk model race oriented seperti 911 GT3.

Berhubung akhir-akhir ini konsumen semakin kritis terhadap fitur mobil, diperkirakan mobil yang beredar di Indonesia dengan audio Bose ini akan semakin bertambah. Sebut saja Honda Civic Hatchback terbaru di Jepang yang sudah memakai audio Bose untuk varian tertingginya.

Beberapa mobil keluaran dealer resmi sebetulnya tersedia opsi audio Bose namun tidak dihadirkan untuk pasar Indonesia, seperti Mazda CX-3, Mazda3, Mazda CX-30, Nissan Leaf, dan sebagainya.

(Joule)