Audio System Bose di Nissan Leaf Pasar Jepang, Kualitas Suara Meningkat Energi Tetap Hemat

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 25/Agu/2021 10:44 WIB


SoundandMahcine.com (Jepang) – Audio system mobil listrik baterai Nissan Leaf yang dijual di Indonesia termasuk sama dengan pasar Jepang, yaitu 4 speaker. Namun di Jepang sana, untuk tipe yang setara Leaf pasar Indonesia, Nissan menawarkan audio system Bose sebagai opsi.

Baca Juga:
Collector Item, Nissan Skyline GT-R R32 ini Upgrade Sistem Audio Dengan Produk Audison

Audio system Bose Nissan Leaf (sumber: Nissan)

Audio system Bose tersebut memiliki speaker sebanyak 7 buah ditambah 1 digital amplifier 7-channel yang menariknya dilengkapi teknologi Energy Efficient Series (EES), yaitu bukan hanya meningkatkan kualitas suara tetapi juga bagaimana supaya mengurangi pemakaian energi listrik sehingga sejalan dengan konsep Leaf sebagai mobil listrik baterai.

Baca Juga:
Pakai Seri Terbaru Audio Alpine, Nissan 180SX Drifter Lucky Reza Tembus 50 Modifikasi Terbaik

Amplifier 7-channel yang digunakan di EES dirancang untuk memberikan output hanya saat speaker diperlukan dan tidak membuang daya saat tidak diperlukan. Selain itu, teknologi pemrosesan sinyal-nya menggerakkan speaker EES secara efisien.

Sirkuit magnetic speaker-nya didesain untuk mengurangi berat secara signifikan dengan menggunakan bahan yang awalnya dikembangkan untuk kerucut speaker dan bagian tepi, sehingga tidak mengurangi kekuatannya.

Baca Juga:
Tampil Ciamik, Peredam Z3RO Solutions Antar Nissan 180SX Lucky Reza Tembus 50 Modifikasi Terbaik

Selain itu audio system Bose Leaf pasar Jepang juga dilengkapi Waveguide Technology yang memakai prinsip resonansi bunyi pada tabung, yaitu mengkonversi vibrasi udara menjadi suara dengan energi besar sehingga pendengar di kabin bisa menikmati suara bas lebih dalam.

Hasilnya, dengan teknologi EES ini menghadirkan performa akustik imersif berkualitas tinggi khas Bose, sekaligus 30% lebih kecil, 40% lebih ringan, dan 50% lebih efisien dibanding sistem konvensional.

(Joule)