Si Legendaris Panther Tak Lagi Diproduksi, Isuzu Pastikan Ketersediaan Suku Cadang Aman

  • Oleh : ADV

Rabu, 25/Agu/2021 15:22 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Tak dapat dipungkiri, Isuzu Panther pernah menjadi salah satu kendaraan niaga yang cukup populer di Indonesia. Sosoknya bersaing ketat dengan Toyota Kijang dan Mitsubishi Kuda saat pertama kali diluncurkan pada awal tahun 1990an.

Keunggulan Isuzu Panther, yang menjadi daya tarik konsumen adalah modelnya yang dinilai cocok, untuk membawa banyak penumpang atau barang. Paling penting, mesin dieselnya dikenal tangguh dan irit dalam penggunaan bahan bakar.

Baca Juga:
Lima Perusahaan Otomotif Jepang ini Mulai Operasikan Ekosistem Elektrifikasi di Indonesia

Nah, soal daya angkut, Panther sanggup memuat hingga 9 penumpang dengan konfigurasi tempat duduk paling belakang saling berhadapan. Lain cerita apabila kursi paling belakang dilipat, biasanya digunakan untuk mengangkut barang bawaan.

Sayangnya, setelah 30 tahun berkiprah dan melahirkan 4 generasi, pada awal tahun 2021 ini, PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) secara resmi memutuskan untuk tidak lagi memproduksi Panther dan memasarkannya di Indonesia.

Baca Juga:
Varian Kendaraan Penumpang Masih Kosong, Isuzu Belum Juga Hadirkan Mu-X 4x2

Attias Asril, Marketing Division Head IAMI mengatakan, alasan dihentikannya produksi Panther karena IAMI dari sisi bisnis akan fokus pada kendaraan komersial. "Bisnis Isuzu Indonesia akan lebih fokuskan pada mobil komersil," terang Attias, dalam jumpa pers virtual, Selasa (24/08).

Baca Juga:
UD Trucks Gunakan Teknologi Ramah Lingkungan untuk Standar Emisi Euro 4 di Indonesia

Setelah produksi dan penjualannya dihentikan, banyak pemiliki Isuzu Panther yang khawatir, sekaligus bertanya-tanya, apakah suku cadang atau spare partnya akan tetap tersedia?

Menjawab hal tersebut, Attias mengatakan bahwa untuk pengguna Panther tak perlu khawatir, sebab, dia memastikan stok suku cadang untuk Isuzu panther selama 8 hingga 10 tahun ke depan masih terjamin ketersediaannya. 

"Faktanya ketika ada market pasti akan dilayani, tentunya permintaan juga sesuai dengan kebutuhan," terang dia. Sampai saat ini, di bengkel resmi Isuzu kendaraan produksi tahun 1990 sampai awal tahun 2000-an selalu masuk ke bengkel. 

"Mobil yang usianya sudah puluhan tahun masih masuk ke bengkel resmi. Selama permintaan masih ada, dan masih banyak Isuzu Panther yang digunakan untuk opersional, suku cadang masih kami jamin," pungkas Attias. (EPS)