Kembali Hadir di Indonesia, Ini Dia 6 Referensi Modifikasi BMW Seri-3 Wagon Terbaru

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 29/Agu/2021 14:16 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – BMW menghadirkan kembali Seri-3 Touring untuk pasar Indonesia karena berkaca pada tahun 2020 lalu, dimana permintaan kendaraan compact luxury tersebut naik dan tren bodi station wagon yang terus bertumbuh.

Seri-3 Touring yang kembali hadir di Indonesia adalah 320i M-Sport berkode G21 dengan jumlah terbatas yaitu 40 unit dan dibanderol sekitar Rp. 1,3 Milyar off the road.

Baca Juga:
Teknologi Elektrifikasi Terbaru Siap Diluncurkan, Begini Mekanisme Kerja Suzuki Smart Hybrid

Bicara modifikasi, 320i M-Sport referensinya sudah banyak, mulai dari eksterior hingga performa seperti mesin dan kaki-kaki. Wajar saja, mengingat di luar negeri Seri-3 Touring dipasarkan sejak tahun 2019 dan itu bukan mobil yang peredarannya terbatas seperti pasar Indonesia.

Seri-3 Touring memiliki dimensi yang sama dengan Seri-3 sedan, yaitu panjang 4.709 mm, lebar 1.827 mm, dan tinggi 1.442 mm, sehingga untuk pemasangan bodykit bisa pakai spek varain sedan.

Baca Juga:
Berawal dari Kepercayaan, One3 Motorsport dan Motoshop Resmi Buka Gerai Modifikasi Performa

Berhubung Seri-3 Touring yang masuk Indonesia adalah 320i M-Sport, berarti untuk parts modifikasi mesin cari yang speknya berkapasitas 2.000 cc 4-silinder turbo dan itu juga sama seperti varian sedan.

Berikut referensi modifikasinya,

Baca Juga:
Vehicle-to-Load (V2L), Fitur Inovatif Hyundai Ioniq 5 yang Bisa Suplai Listrik Rumah

M Performance

(sumber: BMW)

In-house tuner BMW menyediakan sejumlah parts modifikasi melalui divisi M Performance. Parts M-Performance yang tersedia untuk Seri-3 Touring ini antara lain eksterior, interior, dan kaki-kaki.

(sumber: BMW)

Parts eksterior tersebut bukan hanya membuat penampilan menjadi lebih menarik tetapi juga meningkatkan performa. Seperi front splitter, rear spoiler dan rear diffuser untuk mengoptimalkan aliran udara sehingga mengurangi daya angkat dan meningkatkan drive response.

Kemudian material yang digunakan adalah carbon fiber agar penambahan bobotnya sedikit namun tetap bekerja meningkatkan performa, tepatnya aerodinamika.

Pelek 18 incinya dibuat dengan bobot yang dioptimalkan untuk meningkatkan driving dynamics pada Seri-3 Touring, dan di baliknya terdapat sport brake agar meningkatkan efek pengereman ketika berada dalam kondisi ekstrim.

Tentu ada beberapa parts yang lebih ke variasi, seperti mirror caps, side sill, ornamental grill, dan LED door project untuk menambah kesan sporti dari segi detail.

Nuansa motorsport juga sampai pada interior dengan jahitan cross stitching di atas material Alcantara untuk genggaman setirnya, serta garis merah di posisi jam 12. Aksen carbon fiber di paddleshift, setir, dan door trim menambah nuansa motorsport pada Seri-3 Touring.

 

BMW Alpina

(sumber: BMW Alpina)

BMW Alpina memang terhitung sebagai manufaktur sendiri, meskipun tetap mengambil pars OEM dari BMW. Meski demikian, BMW Alpina tetap menyediakan parts eksterior yang tampilannya seperti BMW Alpina B3 untuk pemilik Seri 3 Touring.

Namun menurut katalog parts-nya, untuk Seri 3 Touring hanya front spoiler dan stiker dekoratif khas BMW Alpina saja, dan itupun memakai spek yang sama dengan varian sedannya.

Pelek Alpina Rad Dynamic (sumber: BMW Alpina)

Untuk pelek, tersedia Alpina Rad Dynamic dengan ukuran 19 inci x 8,5 untuk depan dan 19 inci x 9 ,5 untuk belakang. Pelek tersebut dibalut ban Michelin Pilot Sport 4S 225/40 R19 untuk depan dan 255/35 R19 untuk belakang.

Pelek Alpina Rad Classic (sumber: BMW)

Selain itu tersedia juga Alpina Rad Classic dengan ukuran 20 inci x 8,5 untuk depan dan 20 inci x 9 ,5 untuk belakang. Pelek tersebut dibalut ban Michelin Pilot Sport 4S 255/30 ZR19 untuk depan dan 265/30 ZR19 untuk belakang.

Agar lebih kentara, BMW Alpina juga menyediakan karpet dengan logo Alpina dan trunk mat dengan logotype Alpina.

3D Design

(sumber: 3D Design)

Untungnya Seri-3 Touring yang masuk Indonesia sudah M-Sport. Pasalnya, referensi modifikasi yang diberikan oleh tuner spesialis BMW asal Jepang, 3D Design, terfokus untuk varian sporti BMW tersebut.

(sumber: 3D Design)

Untuk eksterior, terdiri dari front lip spoiler bermaterial uretan atau carbon, under flipper, side skirt, rear diffuser dengan 2 atau 4 lubang knalpot, dan roof spoiler. Kecuali roof spoiler, parts tersebut kompatibilitasnya sama seperti varian sedan.

3D Design juga menyediakan pelek Type 3 Forged 20 inci namun spek yang menjadi referensi adalah 20 inci x 8,5 J untuk depan dan 20 inci x 9,5 J untuk belakang.

Agar terlihat lebih gaya, 3D Design juga menyediakan per untuk Seri-3 Touring yang membuat mobil menjadi ceper 20 mm dari standarnya.

AC Schnitzer

(sumber: AC Schnitzer)

Setidaknya baru AC Schnitzer yang menawarkan modifikasi paling ekstensif untuk 320i M-Sport. Pasalnya, bukan hanya parts eksterior-interior, tetapi juga sudah sampai ke mesinnya.

(sumber: AC Schnitzer)

Untuk parts eksterior seperti front splitter, front spoiler, side skirt, dan roof spoiler bukan hanya membuat tampilan lebih sporti, tetapi juga meningkatkan downforce.

Pelek AC4 (sumber: AC Schnitzer)

Kemudian peleknya tersedia 2 model, yaitu AC1 yang tersedia ukuran 19 inci dan 20 inci, dan AC4 hanya tersedia ukuran 20 inci.

Berikutnya untuk interior ada sport steering wheel, paddleshift, pedal set, dan footrest untuk setir kanan yang menambah suasana sporti di kabin.

AC Schnitzer sudah menawarkan peningkatan performa mesin 2.000 cc 4-silinder turbo berupa modul komputer yang membuat tenaganya dari 184 hp menjadi 224 hp, dan torsi dari 300 Nm menjadi 360 Nm.

Selain itu, AC Schnitzer juga menyediakan parts untuk upgrade knalpot dengan silencer, connection tube, dan adapter untuk suara lebih baik dan kerja gas buang lebih efisien, serta tail pipe untuk buritan lebih bergaya sporti.

Sport suspension dan spring kit juga tersedia untuk 320i M-Sport untuk handling lebih baik dan tampilan lebih menarik karena lebih ceper, namun tetap nyaman.

dAHLer Tuning

(sumber: dAHLer)

Tuner asal Swiss dAHLer Tuning memang tidak menyediakan modifikasi performa untuk 320i M-Sport, tetapi setidaknya parts eksterior dan interiornya bisa diaplikasikan.

Untuk parts eksterior ada front splitter untuk meningkatkan downforce dan pelek forged lebih ringan dari standarnya. Sementara untuk interior, ada pedal set dan floor mats agar menambah suasana sporti di kabin.

G-Power

(sumber: G-Power)

Seperti dAHLer, G-Power juga tidak menyediakan modifikasi performa untuk 320i M-Sport, terutama untuk mesinnya. Namun setidaknya beberapa parts-nya bisa diaplikasikan dan itu kuantitasnya cukup untuk detail.

Seperti pelek Hurricane RR 20 inci x 9 dan gril carbon yang bukan hanya membuat lebih gaya tetapi juga meningkatkan performa karena bobotnya lebih ringan. Namun ada juga beberapa item yang lebih ke variasi seperti sport silencer dan mirror cover berbahan carbon.

Untuk interior, setidaknya setir carbon, paddle shift, dan karpet menambah atmosfir sporti pada kabin.

(Joule)