Melihat Sejarah Singkat Kiprah MG di Dunia Otomotif

  • Oleh : ADV

Senin, 30/Agu/2021 16:25 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Mungkin kawan SoundandMachine banyak yang belum mengenal sejarah mengenai mobil dengan merek Morris Garage (MG). Pdahal, merek asal Inggris tersebut sudah ada sejak hampir satu abad yang lalu.

Pada awal kehadirannya, MG yang bermarkas di Oxford, Inggris, didirikan oleh Cecil Kimber dan William Morris. Melalui produk pertamanya, Old Number One, konsumen Inggris di era ‘20an menemukan sensasi berkendara baru, yaitu small, fast, and fun to drive. 

Baca Juga:
Mobil Listrik MG ZS EV Rakitan Indonesia Resmi Dijual, Ini Bedanya Dengan Versi Mesin Bensin

Dekade selanjutnya, MG rajin mengukir prestasi di berbagai arena balap, bahkan sukses memenangkan Mille Miglia sebagai satu-satunya merek non-Italia. Model K3 lah yang berhasil membuat MG mencatatkan tonggak pencapaian baru di masa itu. 

Baca Juga:
Intip Spesifikasi MG 4 EV Rakitan Indonesia, Banyak Fitur Canggih Tapi Harganya Terjangkau

MG Old Number

Seiring perkembangan zaman, MG tetap menjadi merek mobil yang populer, terlebih ketika memasuki pasar Amerika pada masa perang dunia kedua. Ketika tren mobil di Negeri Paman Sam itu memiliki karakter, ukuran, dan bobot yang besar, sangat berbeda secara gaya dan nuansa berkendara yang ditawarkan MG. 

Baca Juga:
Sudah Dirakit di Indonesia, MG Motors Pasarkan Dua Mobil Listrik Canggih Harga Rp 400 Jutaan

Saat itu, MG dengan percaya diri menghadirkan T-types untuk pertama kalinya, dan langsung mencuri perhatian para penggemarnya dengan desain body-on-frame open two-seater sports cars.

Carl Gotham selaku Advanced Design Director yang bertugas di Advanced Design Studio MG di London mengungkap, MG selalu menerapkan 7 tahapan penting dalam mendesain mobil-mobilnya. 

MG T-type

"Riset adalah langkah awal yang terpenting sebelum melakukan sketsa, agar target akhir yang diinginkan betul-betul terdefinisi dengan baik," katanya. Sketsa tidak hanya berfungsi untuk mengekspresikan ide, tetapi juga mempertegas karakter dari desain yang ingin diwujudkan. 

Melaju ke tahun 2020, awal MG Motor Indonesia menginjakkan kakinya di Indonesia dan memperkenalkan Brit Dynamic. Arief Syarifudin, Marketing and PR Director MG Motor Indonesia mengatakan, MG mengusung kualitas, ukuran yang kompak, serta bahasa desain ‘Emotional Dynamism’ melalui SUV 5-seater pertamanya, yaitu MG ZS.

"Mengandung makna desain yang ekspresif, menekankan pengalaman premium dan komitmen terhadap kualitas merek, perpaduannya begitu sejalan dengan misi redefined expectation yang selalu digaungkan oleh merek mobil berlogo oktagonal yang begitu legendaris ini," katanya.

MG K3

Kini pada tahun keduanya, MG terus melaju dengan memperkenalkan model-model yang sesuai dengan gaya hidup mereka yang berjiwa muda, modern, dan ingin selalu terdepan. Teknologi mobil listrik, mobil pintar, mobil cepat, mobil sporty semakin lekat pada sosok MG. 

Menurut Arief, gaya hidup dan gaya berkendara kini menjadi kesatuan yang tak terpisahkan ketika mengendarai mobil MG, serta sangat mewakili kedinamisan generasi millennial dan Gen Z masa kini.

"MG ingin terus mempertegas ciri khasnya sebagai merek dengan nilai sejarah dan cita rasa Inggris, bahkan di era sekarang. Permainan pada lekukan di sisi eksteriornya yang merupakan perpaduan keanggunan dan kecepatan tinggi didukung penuh dengan kenyaman dan teknologi terkini," jelas Arief. (EPS)