Melihat Keunggulan Mesin Diesel Toyota Khusus Ajang Balap

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 03/Sep/2021 18:00 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Akhir-akhir ini mesin Diesel kian diminati oleh para pembeli mobil di Indonesia, karena seiring dengan tingginya penjualan mobil seperti Toyota Kijang Innova dan Fortuner.

Mesin Diesel, tepatnya turbo Diesel, dipilih bukan hanya memiliki tarikan hebat namun tetap hemat bahan bakar, tetapi juga menjadi salah satu favorit para penikmat kecepatan untuk upgrade mesinnya.

Baca Juga:
Varian Toyota Fortuner Terbaru, Ternyata Pakai Mesin yang Andal di Lintasan Balap

Namun tahukah kalian bahwa Toyota, melalui divisi Toyota Racing Development (TRD), punya mesin Diesel yang dibuat khusus untuk ajang balapi?

Mesin Diesel spek kompetisi tersebut antara lain memakai basis 1GD-FTV, berkapasitas 2.800 cc 4-silinder dengan turbo, dari Hilux untuk pasar Thailand.

Sekedar tambahan informasi, di Indonesia mesin 1GD-FTV merupakan bawaan dari mobil komersil Hiace Premio dengan tenaga dan torsi standar yang berbeda jika dibandingkan dengan Hilux.

Beberapa komponen mesin diubah oleh TRD agar menjadi spek kompetisi, seperti restrictor, turbo, injector nozzle, intake pipe, catalytic converter, dan ECU. Selebihnya standar, seperti kapasitas mesin, bore and stroke, air cleaner, dan air cleaner hose.

Turbo yang digunakan adalah CT dengan ukuran lebih besar, kemudian injector Nozzle 1.400 cc per menit, restrictor diameter 39, dan intake pipe berbahan aluminium.

Kemudian karena mesin ini spek kompetisi, TRD melalukan reprogram pada ECU-nya dengan shift control transmisi otomatis yang sudah dedicated, dan tidak ada catalytic converter.

Tidak ada catalytic converter itulah yang membuat mesin ini jelas ilegal untuk dipakai di jalan raya, karena akan melanggar standar regulasi pada emisi gas buang.

Sebagai perbandingan, tenaga mesin standar 1GD-FTV di Hiace Premio sebesar 156,4 PS di 3.600 rpm, dan torsi 419,7 Nm di 1.600-2.200 rpm.

(sumber: TRD)

Dengan ubahan spek kompetisi seperti ini membuat tenaga mesinnya menjadi 245 PS di rpm 3.400 dan torsi 670 Nm di rpm 1.400-2.600 rpm.

(sumber: TRD)

Mesin ini telah dipakai di sejumlah kejuaraan seperti Asia Cross Country Rally pada tahun 2016, dan Finke Desert Race pada tahun 2018 dan 2019 di Australia.

(Joule)