Varian Toyota Fortuner Terbaru, Ternyata Pakai Mesin yang Andal di Lintasan Balap

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 13/Feb/2022 10:11 WIB
Varian terbaru Toyota Fortuner (sumber: Toyota) Varian terbaru Toyota Fortuner (sumber: Toyota)

SoundandMachine.com (Jakarta) – Baru-baru ini Toyota-Astra Motor (TAM) merilis varian mesin baru untuk salah satu SUV unggulannya, yaitu Toyota Fortuner. Mesin tersebut merupakan turbo Diesel berkapasitas 2.800 cc dengan kode 1GD-FTV.

Namun tahukah kawan SoundandMachine bahwa 1GD-FTV merupakan salah satu mesin balap Toyota?

Baca Juga:
Teknologi Elektrifikasi Terbaru Siap Diluncurkan, Begini Mekanisme Kerja Suzuki Smart Hybrid

Toyota Fortuner andalan Toyota Team Indonesia untuk berlaga di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) (sumber: gazoo.com)

Baca Juga:
Berawal dari Kepercayaan, One3 Motorsport dan Motoshop Resmi Buka Gerai Modifikasi Performa

Benar, Toyota pernah mengandalkan Fortuner di bawah bendera Toyota Team Indonesia untuk berlaga di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) pada tahun 2017-2019 silam.

Fortuner tersebut bermesin 1GD-FTV yang hitungannya bawaan, tetapi versi pasar Thailand. Ketika turun di AXCR, TAM belum merilis Fortuner bermesin 1GD-FTV untuk pasar Indonesia.

Baca Juga:
Vehicle-to-Load (V2L), Fitur Inovatif Hyundai Ioniq 5 yang Bisa Suplai Listrik Rumah

Ubahannya hanya sebatas ECU mesin MoTec M141, namun belum diketahui tenaganya setelah diupgrade.

(sumber: TRD)

Selain Fortuner, mesin 1GD-FTV juga menjadi pilihan para peserta AXCR dan ajang cross country rally lainnya yang memakai Toyota Hilux.

Seperti Fortuner, mesin 1GD-FTV juga termasuk bawaan Hilux, namun versi pasar Thailand dengan tenaga sebesar 177 PS. Namun 1GD-FTV dipakai sebagai pengganti mesin Hilux varian 2.400 cc berkode 2GD-FTV.

Untuk modifikasi tahap lanjut, in-house Tuner Toyota Racing Development (TRD) menyediakan mesin 1GD-FTV racikannya yang memakai turbo CT large type, injector 1.400 cc per menit, dan ECU reprogram hingga mampu mengeluarkan tenaga sebesar 245 PS.

Dengan mesin seperti ini, 1GD-FTV jelas menawarkan performa dan keandalan lebih, bahkan dalam kondisi standar sekalipun.

(Joule)