Bahas Crossover, Training Level 2 Car Audio Dominations x I-CAN Sukses Terlaksana

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 10/Sep/2021 19:14 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Produsen car audio Dominations bersama Indonesia Car Audio Network (I-CAN) sukses mengadakan training level 2 yang membahas crossover audio pada tanggal 10 September 2021.

Acara training tersebut dimentori oleh Wahyu Tanuwidjaja. yang juga founder Car Audio Network (CAN) International. Selama training, Wahyu menjelaskan seluk beluk crossover lengkap dengan prakteknya.

Baca Juga:
Ingin Jago Tuning DSP? Dominations Audio Akan Adakan Car Audio Installer School Sesi Kedua

“Kita selalu memacu ilmu baru dengan cara, saya kasih tahu apa yang saya tahu ke Anda.” buka Wahyu kepada SoundandMachine.com melalui Zoom Meeting (10/9/2021).

Baca Juga:
Diadakan Bersamaan, I-CAN Kembali Gelar Kompetisi Audio Mobil di Jakarta dan Banjarmasin

(sumber: Crutchfield)

Crossover merupakan bagian yang fundamental dalam car audio, karena menjadi filter untuk menugaskan speaker bekerja dalam bandwidth tertentu.

Baca Juga:
Ada Promo Menarik, Nih! Car Audio Bazaar Mid Year Sale 2023 Siap Digelar di Black Stone Garage

Dalam training tersebut banyak menjelaskan aspek teknis, lebih tepatnya kurva pada grafik frekuensi untuk referensi pengaturan melalui komputer.

Menurut materi tersebut, setidaknya ada beberapa kurva yang bisa menjadi referensi seperti Crutchfield House Curve, Andy Wehmeyer/Harman house curve, hingga kurva buatan Wahyu sendiri.

Selain itu, dijelaskan juga mengenai teori yang sering menjadi perdebatan, apakah sebaiknya setting equalizer dahulu baru crossover atau sebaliknya.

Jawabannya tidak ada yang benar ataupun salah, karena masing-masing punya keuntungan dan bahayanya, dan akan lebih baik jika mahir dengan kedua cara tersebut.

Setidaknya ada 2 hal penting dalam crossover, yakni fase untuk menghindari suara vokal turun, dan time correction untuk mencari fase paling benar.

(sumber: Dominations)

Selain memberikan materi melalui slide, Wahyu juga mempraktekkan langsung di Toyota Voxy miliknya yang telah upgrade audio untuk setting crossover.

Berdasarkan pantauan tim soundandmachine.com acara training tersebut dihadiri 50 peserta yang diantaranya adalah instalatur ternama.

Tampak seluruh peserta antusias menyimak penjelasan dan praktiknya dari awal hingga akhir training yang berdurasi selama 3 jam ini.

(Joule)