Inilah TS-VR170C, Speaker Flagship Pioneer Terbaru untuk Pasar Asia di Luar Jepang

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 14/Sep/2021 10:00 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Pioneer merilis speaker flagship yang didesain di Jepang yang khusus dipasarkan untuk pasar negara Asia di luar Jepang termasuk Indonesia, yaitu Pioneer TS-VR170C.

TS-VR170C diposisikan sebagai varian tertinggi dari 2 speaker Pioneer lainnya yang masuk Indonesia, seperti TS-V170C dan TS-J170C.

Baca Juga:
Pioneer Hadirkan 3 Pilihan Speaker Khusus Pasar Asia

Speaker tersebut dirancang dan diproduksi secara khusus oleh Pioneer di Jepang untuk konsep terbaru "Pioneer Flagship Sound", yaitu suara yang keluar dari speaker akan terdengar autentik dari musisi dan instrumen, dalam format soundstage terbaik dan lengkap.

Demi menghasilkan audio berstandar tinggi, TS-VR-170C dibuat mengggunakan teknik andalan para ahli dari Pioneer yaitu "Takumi".

Teknik tersebut memanfaatkan sejumlah inovasi dari ilmu akustik dan memadukannya dengan dedikasi Pioneer terhadap mutu audio unggulan.

Para ahli audio dari Pioneer secara cermat menguji lebih dari 200 kombinasi material, ukuran dan pengaturan speaker.

(sumber: Pioneer)

Woofer TS-VR170C didesain dengan corong serat karbon yang memiliki lapisan ganda. Selain itu, woofer ini juga dilengkapi voice coil dengan kabel berukuran persegi dan ringkas, serta magnet neodymium, dan die-cast basket dari bahan aluminium yang kuat.

Desain seperti ini bisa menghasilkan frekuensi rendah-hingga-menengah secara akurat, dan bebas distorsi sehingga menghasilkan suara drum, bas, dan senar gitar lebih autentik.

(sumber: Pioneer)

Tweeter TS-VR170C dirancang dengan diafragma aluminium "Dual Arc Ring" berukuran 25 mm untuk menghasilkan berbagai audio berfrekuensi tinggi hingga 65kHz.

Diafragma berdesain unik ini dibuat untuk melengkapi voice coil, aluminum equalizer, dan magnet neodymium yang kuat pada tweeter guna mengurangi distorsi, dan menjamin akurasi audio yang mendekati kualitas aslinya.

Hasilnya, nada tinggi bisa dihasilkan dengan sangat jernih, dan juga audio dari suara vokal dan instrumen musik terdengar lebih mencolok.

Packaging tweeter-nya juga telah dirancang ulang dan bisa disesuaikan sehingga memberikan beberapa opsi instalasi yang fleksibel.

(sumber: Pioneer)

Agar kualitas audionya tetap sama pada seluruh frekuensi, Pioneer menciptakan crossover network khusus untuk TS-VR170C dengan koil yang lebih tebal, kapasitor film bertaraf premium, serta terminal dilapis emas.

Komponen crossover ini juga memiliki tweeter attenuator dan mendukung koneksi bi-amp sehinga pendengar bebas mengatur keseimbangan audio sesuai seleranya.

Dengan harga retail Rp. 14.520.000,- , Pioneer sudah tersedia di sejumlah gerai audio seperti Dynamics Autosound, Mega Audio, Niki Motor, Audio Tones, Inddra Audiopro dan Monitor Car Jambi.

Spesifikasi

Daya maksimal 300 W, Daya Nominal 100 W, Sensitifitas 90 dB, Respons Frekuensi 31-65.000 Hz, Impedansi Nominal 4 Ohm, Tweeter 25 mm, Diafragma Dual Arc Ring, Woofer Berukuran 17 cm dengan Dual Layer Carbon Fiber Cone Neodymium Magnet, Crossover Network 75 x 48 x 26mm Tweeter Attenuator dilapis emas.

Jadi salah satu pilihan menarik, nih. (Joule)