Usung Spek JDM, Toyota Corolla Cross Resmi Masuk Pasar Jepang

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 14/Sep/2021 13:30 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Toyota secara resmi meluncurkan varian SUV dari mobil kompak Toyota Corolla yaitu Corolla Cross untuk pasar Jepang atau Japan Domestic Market (JDM).

Untuk Corolla Cross versi JDM masih menggunakan platform yang sama yaitu GA-C, namun dengan tampilan eksterior dan interior yang berbeda dengan pasar luar Jepang sebagai fokus utama.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Corolla Cross tampil dengan penampilan khas versi JDM dari emblem “C” yang juga dipakai di varian bodi Corolla lainnya seperti sedan, hatchback, dan wagon.

Namun untuk Corolla Cross tidak hanya mengubah emblem Toyota menjadi logo “C”, tetapi juga sampai mengubah bumper dan lampu depan.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

Lubang bumper Corolla Cross JDM seperti grill Corolla Cross versi luar Jepang yang dipindah ke bawah, kemudian bagian atasnya dibuat bagaimana supaya terlihat menarik dengan logo “C” khasnya.

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

(sumber: Toyota)

Selain bumper dan lampu depan, side skirt, bumper belakang dan desain peleknya juga berbeda dengan Corolla Cross versi pasar luar Jepang.

Corolla Cross JDM hanya 30 mm lebih panjang dari versi luar Jepang yang kemungkinan karena desain bumper, sementara lebar, tinggi, dan wheelbase tetap sama.

Sekedar tambahan informasi, Corolla JDM memiliki panjang, lebar, dan wheelbase lebih kecil untuk varian sedan dan wagon jika dibandingkan dengan versi luar Jepang.

(sumber: Toyota)

Interior terlihat tidak jauh berbeda dengan pasar ekspornya, dengan dasbor yang terlihat kalem dan itu sudah menjadi DNA Corolla.

Namun rem parkir Corolla Cross JDM sudah elektrik, berbeda dengan pasar luar Jepang seperti Indonesia, misalnya, yang masih memakai foot brake.

(sumber: Toyota)

Berhubung tidak ada perbedaan di wheelbase, berarti interior Corolla JDM akan selega pasar luar Jepangnya.

Untuk mesin bensin, Corolla Cross JDM memakai mesin 2ZR-FAE yang sedikit berbeda dengan Corolla Cross versi luar Jepang, sementara versi hybrid sama, yaitu 2ZR-FXE.

Versi hybrid Corolla Cross JDM tersedia varian all-wheel drive (AWD) e-Four disamping front-wheel drive seperti pasar luar Jepang.

Sebagaimana yang menjadi salah satu standar mobil untuk pasar Jepang, Corolla Cross JDM sudah dilengkapi fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense sebagai standar.

(Joule)