Siap Diajak Balapan, Lotus Akan Luncurkan Emira GT4 Berperforma Tinggi

  • Oleh : ADV

Selasa, 14/Sep/2021 17:15 WIB


SoundandMachine.com (London) - Lotus dikabarkan telah mengungkapkan mobil konsep sport car GT4 spek kompetisi, yang dikembangkan dari basis Lotus Emira. Seperti diketahui, hampir semua mobil versi jalan raya buatan Lotus, saat ini memiliki "saudara kandung" yang siap diajak balapan.

"Jadi hanya masalah waktu sebelum Emira GT4 muncul. Ini akan segera terjadi," jelas Richard Selwin, manajer program balapan Lotus. Dikembangkan bekerja sama dengan RML Group, mobil konsep ini digambarkan sebagai tonggak lain dalam transformasi dan era baru balap GT.

Lebih lanjut Richard menjelaskan, seperti di showroom, Emira akan menggantikan Evora di lintasan. Selama bertahun-tahun, Evora GT4 telah memenangkan balapan dan kejuaraan termasuk di British GT, Dubai 24hrs, Barcelona 24hrs, European GT, Sepang 12hrs dan Pirelli World Challenge.

Lotus Emira versi jalan raya

"Nantinya, setiap mobil pelanggan akan menjadi mesin performa homologasi, dibuat dengan tangan dengan komponen dan peralatan motorsport ringan untuk memenuhi peraturan keselamatan terbaru," ungkap Richard dalam keterangan resminya.

Sebagai pembeda dengan versi jalan raya, Emira GT4 di buat dengan konsep handling yang luar biasa dan stabilitas optimal pada kecepatan tinggi. Mengenai bobot, bodi Emira GT4 dibuat dari serat karbon yang membuat mobil ini sangat ringan, hanya 1.260 kg.

Bobot ini lebih ringan 145 kg dari Emira versi jalan raya. Sebagai tenaga penggerak, ia dibekali mesin Toyota 3.5 liter V6 yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 400 hp. Mesin tersebut, telah terbukti di berbagai ajang balapan.

Mesin berkode 2GR-FE itu mendapatkan supercharger Harrop TVS 1900 dengan redline di angka 7.200 rpm. Tenaga yang dihasilkan, lantas disalurkan ke roda melalui transmisi xTrac enam percepatan dengan paddle shifter dan limited slip differential. 

Lotus Emira GT4

Agar handling semakin prima, Lotus membekalinya dengan suspensi double wishbone di depan dan belakang, serta dipadukan peredam coilover Ohlins dan anti-roll bar. Sedangkan cakram dan kaliper Alcon plus Bosch Motorsport ABS, melakukan tugas pengereman. 

Bannya adalah Pirelli GT4 265/645×18 di depan dan 305/680×18 di belakang. Tentu saja, ada juga roll cage yang sesuai dengan FIA, harness enam titik, dan pemadam api.

"Kami telah bekerja keras dengan tim di RML Group untuk memastikan generasi berikutnya dari mobil Lotus GT ini akan memberikan performa pemenang balapan," kata Richard.

Rencananya, Emira GT4 akan diluncurkan secara resmi akhir tahun ini di jalur uji Hethel milik produsen asal Inggris tersebut. "Lotus bertujuan untuk membangun sejumlah terbatas mobil balap Emira GT4 untuk musim 2022, meningkatkan produksi untuk 2023 sejalan dengan permintaan global," pungkasnya.