Jadi Supergiveaway IMX 2021, Ini Profil Singkat Honda Integra Generasi Kedua

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 17/Sep/2021 11:19 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Sportscar Honda Integra selama ini lebih dikenal di generasi ketiga dan keempat yang tak lain karena adanya varian performa tinggi Type R.

Sementara untuk dua generasi pertamanya seakan kurang terdengar, atau mungkin terdengar sejak YouTuber otomotif Garasi Drift yang memakai sportscar untuk road trip sejauh 900 km setelah ganti pelek.

Baca Juga:
Penuhi Kebutuhan Mobil Kecil, HSR Speedster Tawarkan Velg Model Palang Lima Aneka Warna

Sekarang, Integra generasi kedua Garasi Drift jadi supergiveaway atau hadiah utama yang ditunggu-tunggu oleh para penonton Indonesia Modification Expo (IMX) 2021 Limitless pada tanggal 2 Oktober 2021 mendatang.

Baca Juga:
Resmi Meluncur di Indonesia, Generasi Baru BMW Seri 5 Kini Bertenaga Listrik Penuh

(sumber: Honda)

Dirilis oleh Honda pada tahun 1989, Integra generasi kedua meneruskan generasi pertamanya keluaran tahun 1985.

Baca Juga:
Fiturnya Inovatif, Trapo Wiper Permanent Waterproof Coating Jadi Wiper Hybrid Nomor 1 di Indonesia

Mulai dari generasi kedua, Integra tidak lagi memakai lampu pop up dan juga tidak ada lagi varian hatchback 5-pintu, melainkan hatchback 3-pintu dan sedan 4-pintu tanpa pilar atau frameless.

(sumber: Honda)

Selain itu, eksterior Integra generasi kedua dibuat lebih pipih yang terlihat lebih napak sekaligus lebih sporti, dengan penambahan wheelbase sebesar 100 mm.

Desain eksterior lebih pipih tersebut membuat secara keseluruhan tinggi ruang interiornya lebih rendah 20 mm dibanding pendahulunya.

(sumber: Honda)

Namun sebetulnya, kabin Integra generasi kedua tetap lega karena ruang kepalanya bertambah 25 mm setelah mengubah bentuk lantainya.

(sumber: Honda)

Dasbor Integra generasi kedua berorientasi pengemudi karena konsol tengah menghadap ke pengemudi.

(sumber: Honda)

Integra generasi kedua dilengkapi mesin naturally-aspirated B16A DOHC VTEC bertenaga 160 PS di 7.600 rpm dan torsi 152 Nm di 7.000 rpm.

Mesin tersebut pertama di dunia yang menghasilkan 100 hp per liter untuk mobil produksi.

Suspensi Integra generasi kedua memakai double-wishbone dengan multi-link di suspensi belakang, dan front tread bertambah 60 mm untuk model 3-pintu.

Kombinasi suspensi dan penambahan front tread serta wheelbase membuatnya lebih stabil di lurus dengan kecepatan tinggi, dan di tikungan.

(Joule)