Meski Punya Tenaga Sangar, Audi RS 4 Avant Tetap Nyaman Sebagai Mobil Harian

  • Oleh : ADV

Senin, 20/Sep/2021 17:34 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - PT Garuda Mataram Motor, Agen Pemegang Merek (APM) Audi di Indonesia, baru saja memperkenalkan model terbaru dari salah satu station wagon andalannya, yakni The New Audi RS 4 Avant. 

Mobil yang juga dikenal dengan jenis estate ini, diklaim memiliki keunggulan layaknya sebuah mobil sport, terutama dalam segi performa. "Mobil ini menjadi salah satu konsep terbaik yang menjadi ciri khas Audi selama 25 tahun terakhir," ujar Andrew Nasuri, President Direktur, PT Garuda Mataram Motor.

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

Selain desainnya yang menarik, sektor dapur pacu Audi RS 4 Avant juga sangat menggoda para penyuka kecepatan. Bagaimana tidak, RS 4 Avant dibekali mesin bensin V6 2.9 Liter TFSI Twin-Turbo. 

Baca Juga:
Dibuka Fitra Eri, Gerai Aksesoris Aftermarket Mobil Otoproject Garage Kini Hadir di Kota Bandung

Di atas kertas, mesin ini mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 450 PS dan torsi maksimal mencapai 600 Nm. Asyiknya, torsi puncak ini dapat diraih mulai putaran mesin 1.900 hingga 5.000 rpm.

Limpahan output dari mesin 2.9 liter TFSI ini diteruskan ke sistem penggerak empat roda permanen quattro yang menjadi ciri khas Audi, melalui transmisi otomatis 8-speed tiptronic. 

Baca Juga:
Dimensi Kompak Suara Menghentak, Speaker Hertz CK 165 F Cocok untuk Upgrade Audio Harian

Dalam kondisi pengendaraan normal sehari-hari, tenaga yang didistribusikan oleh centre differential, secara mekanikal memiliki porsi 60 persen ke poros roda belakang dan 40 persen ke roda depan. 

Jika salah satu poros terdeteksi mengalami selip, maka sebagian besar tenaga akan dialihkan secara otomatis ke poros lainnya, hingga 70 persen ke poros depan atau 85 persen ke poros belakang melalui sistem kendali elektronik (ESC) dan kontrol traksi.

Efeknya, mobil tersebut dapat berlari dari posisi diam hingga 100 km/jam hanya dalam 4,1 detik. Dengan paket dinamik RS, kecepatan maksimalnya juga dapat ditingkatkan dari 250 km/jam menjadi 280 km/jam. 

Andrew mengatakan, mesin TFSI ini berbobot hanya 182 kg, yang artinya 31 kg lebih ringan dibandingkan mesin V8 yang digunakan oleh generasi sebelumnya. "Tak hanya output tenaga yang mengesankan, namun mesin V6 twin-turbo yang digunakan The New Audi RS 4 Avant ini juga menghasilkan efisiensi yang istimewa," jelasnya.

Berdasarkan hasil pengujian WLTP terbaru, mobil ini menghasilkan konsumsi bahan bakar hingga 10,8 km/liter (9,2 liter/100 km), dengan emisi  CO2 mencapai 211 gr/km. Angka konsumsi bahan bakar ini lebih rendah 17 persen dibandingkan model sebelumnya.

Supaya makin menghasilkan pengendalian yang hebat, struktur suspensi five-link di bagian depan dan belakang memberikan dukungan optimal untuk mendukung gaya longitudinal dan lateral yang dihadapi oleh New Audi RS 4 Avant.

Suspensi sport RS plus dengan Dynamic Ride Control (DRC) sebagai opsi pilihan memungkinkan pengendalian yang lebih lincah dengan secara langsung dapat mempertahankan pergerakan bodi kendaraan tanpa penggunaan perangkat elektronik. 

Pengemudi dapat memilih pengalaman berkendara pribadi mereka melalui sistem pengendalian dinamis Audi drive select. Ada lima mode yang tersedia: comfort, auto, dynamic, dan mode khusus RS yang dapat disesuaikan: RS1 dan RS2. 

"Sistem Audi drive select ini akan mempengaruhi kinerja mesin dan manajemen transmisi, power steering, suspensi, sistem kemudi dinamis, sistem differential sport quattro, suara mesin dan karakteristik AC otomatis," ungkap Andrew. 

Mengenai harga, New Audi RS 4 Avant dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp. 2.799.000.000 (on–the-road) Jakarta. "Meski mengusung berbagai kehebatan sebuah mobil sport, namun The New Audi RS 4 Avant tetap memberikan kegunaan berkendara harian sebagaimana Audi A4 Avant sebagai basis modelnya," pungkas Andrew. (EPS)