Desain dan Teknologi Berkiblat ke Eropa, Nissan Perkenalkan Minivan Townstar

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 28/Sep/2021 17:41 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Nissan memperkenalkan minivan terbaru yang memiliki kiblat Eropa dari segi desain ataupun teknologi, yaitu Nissan Townstar.

Dengan platform Alliance CMF-C, Townstar dibuat sebagai low-MPV untuk varian kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan untuk varian komersil yang menargetkan usaha kecil menengah.

Baca Juga:
Gandeng Kemenko Marves, Neta Tinjau Persiapan SPKLU di Tol Trans Jawa Jelang Lebaran

(sumber: Nissan)

Baca Juga:
Layani Para Penggunanya yang Mudik, Bengkel Resmi Nissan Tetap Buka di Hari Libur Lebaran 2024

Gaya Eropa dari Townstar terlihat dari adanya hidung dan garis bodi yang terlihat sekali paduan antara boxed dan rounded-nya, seperti mobil dari merk satu aliansinya yaitu Renault Kangoo.

Townstar tersedia versi mesin bensin dan motor listrik baterai yang membedakan eksteriornya.

Baca Juga:
Wujudkan Komitmen Bangun Ekosistem EV, Wuling Resmikan Enam Titik DC Charging

(sumber: Nissan)

Nissan menyelipkan sisi Jepang dari estetika yang terinspirasi Nissan Ariya seperti di peleknya, pola Kumiko di grill, dan V-Shaped motion khasnya untuk versi motor listrik baterai.

Untuk versi mesin bensin, fascianya memiliki fungsi yaitu mengoptimalikan aliran udara di sekitar bumper depan dan roda depan agar mengurangi drag sehingga membuat konsumsi BBM lebih hemat.

(sumber: Nissan)

Sementara untuk kabin, dibuat senyaman dan selega mungkin, tak terkecuali untuk versi kendaraan komersil sekalipun.

Agar lebih aman di jalan biasa, Townstar dilengkapi around view monitor untuk melihat objek sekitar kendaraan, dan intelligent emergency braking yang akan mengerem secara otomatis ketika mendeteksi objek.

Kemudian agar lebih aman di jalan tol, Townstar juga memiliki fitur ProPILOT yang membantu pengemudi menjaga kecepatan, jarak antar kendaraan, dan agar tetap di jalurnya.

Selain itu masih ada side wind assist untuk antisipasi angin dari samping, dan trailer sway assist untuk membawa gandengan seperti anhang.

(sumber: Nissan)

Townstar tersedia mesin pembakaran dalam dan juga motor listrik baterai sehingga lebih menyesuaikan kebutuhan pelanggan.

Untuk mesin pembakaran dalam, Townstar berbahan bakar bensin dengan kapasitas mesin 1.300 cc bertenaga 130 hp dan torsi 240 Nm yang sudah lulus uji emisi Euro 6d.

Sementara untuk motor listrik Townstar memiliki torsi sebesar 245 Nm, dengan sumber tenaga baterai berkapasitas 44 kWh yang dilengkapi intelligent energy management dan pendingin untuk menempuh jarak 285 km.  

(Joule)