Aplikatif Untuk Toyota, Speaker 2-Way Focal IS 165 TOY Hasilkan Suara Premium

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 29/Sep/2021 16:30 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Focal terkenal dengan produk car audio berkualitas premium sehingga banyak diminati oleh para antusias car audio.

Namun ternyata, produsen asal Perancis tersebut juga merambah ke industri car audio yang bersifat plug and play dengan nama Focal Inside.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Setidaknya Focal sudah membuat speaker plug and play untuk 15 mobil, dan menariknya salah satu produk terkininya adalah manufaktur yang paling memasyarakat, yaitu Toyota dengan kode IS 165 TOY.

“Ibaratnya industri mobil, bagaimana mereka menciptakan segmen baru untuk menangkap keinginan masyarakat. Itu yang lagi hit di Jepang, Focal plug and play ini.” buka Wahyu Tanuwidjaja, Chief Executive Officer PT. Audioworkshop (AWS) selaku pemegang brand Focal kepada SoundandMachine.com di PT. Audioworkshop di Sunter, Jakarta (16/8/2021).

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

(sumber: Focal)

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Dengan harga Rp. 5,5 Juta, speaker tersebut sudah bersistem 2-way yang berarti pemakaian komponen tersebut akan membuat kualitas audionya lebih detail, dalam arti tidak terpusat di speaker saja.

Namun berhubung plug and play, tentu pemasangannya akan lebih mudah, bahkan lebih memungkinkan untuk dipasang sendiri karena sudah dirancang mengikuti dudukan dan kabel audio bawaannya.

(sumber: Sterindo Autosound)

Lebih menariknya lagi, speaker plug and play tersebut kompatibel dengan kabel audio bawaan mobil Toyota keluaran dealer resmi, seperti Alphard, Fortuner, Camry, 86, Yaris, C-HR, Hilux, hingga Kijang Innova.

Misalnya kurang nendang, AWS menyediakan paket Boost Premium Sounds Plus Pack Stage 1 yang tersedia di dealernya.

(sumber: tokopedia Alpine Focal)

Dalam paket tersebut, IS 165 TOY ditambah speaker Focal IC 165 TOY senilai Rp. 5,75 juta dan 8 lembar peredam Smart Plast dimana pelanggan setidaknya hanya perlu menambah Rp. 6,55 juta atau kurang.

IS 165 TOY tersedia di e-commerce resmi AWS Alpine Focal dan beberapa dealernya seperti Cartens Audio, Pesona Audio, dan Sterindo Autosound.

(Joule)