First Impression Peugeot 3008 Allure Plus 2021: Ganti Wajah Jadi Tambah Mewah

  • Oleh : anto

Sabtu, 02/Okt/2021 15:10 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) - Kami berkesempatan menemui langsung wujud tampilan terbaru New Peugeot 3008 Allure Plus 2001 pada 30 September 2021 lalu, tepat satu hari sebelum peluncuran resminya yang dikemas virtual (1/10/2021).

 

Bodi masih menggunakan platform yang sama dengan versi sebelumnya, jadi belum bisa dibilang benar-benar baru.

 

“Ini bisa dibilang face-lift,” jelas Rokky Irvayandi, Chief Executive · PT Astra International Tbk - Peugeot Sales Operation yang kami temui pada kesempatan yang sama.

Rokky yakin pasar SUV di Indonesia akan terus bertumbuh seiiring tren SUV yang juga terjadi secara global.

 

Sehingga pihaknya percaya diri mendatangkan penyempurnaan dari SUV 3008 ini, menyusul segera, SUV 5008 dengan ubahan yang sama.

 

Impresi pertama dari SUV premium yang pertama hadir di Indonesia pada 2018 ini, ubahan pada desain fascia depan menyiratkan tampilan wajah yang beda jauh dengan versi sebelumnya.

Paling kentara desain head lamp baru yang lebih pipih dan sudah dilengkapi fitur full LED projector headlights.

 

Efeknya, desain gril juga turut berubah. Penyematan logo ‘singa jingkrak’ khas Peugeot yang cukup besar merepresentasikan kalau ini adalah SUV pabrikan Eropa.

 

Kemudian di bumper, khususnya pada bagian kiri dan kanan atas tepatnya di bawah lampu utama, ada tarikan garis-garis yang menyesuaikan desain gril yang diimbuhi aksen potongan kristal memanjang ke samping.

Lampu sen yang menerapkan full LED desainnya kini bergaris memanjang ke bawah, praktis rumah fog lamp pun dimensinya turut menyesuaikan.

 

Pada bagian buritan, paling kentara adalah penggantian desain lampu belakang yang menerapkan 3D effects dengan tarikan siluet garis eksentrik yang membuatnya tampak futuristik.

 

Allure Plus sebagai varian yang paling tinggi, penyematan panoramic sunroof ekstra besar sudah menjadi opsi standar.

Lalu di kabinnya, memang tidak mengalami ubahan berarti. Desain dasbor i-cockpit yang driver oriented tetap dipertahankan.

 

Desain setir yang tidak besar dengan bagian atas dan bawah yang flat, memudahkan visibilitas ke cluster panel digital dan monitor tengah yang sebelumnya berukuran 8 inci, kini diperbesar menjadi 10 inci.

 

Koneksi android auto dan apple car play dapat dihubungkan melalui soket USB pada konsol tengah bagian depan. Deretan tombol ‘Piano Keys Button’ turut menambah aktraktif desain dasbornya.

Seluruh joknya kini sudah berlapis kulit asli dengan dominasi warna hitam. Jok baris depan, kini keduanya sudah bisa diatur posisinya secara elektrik. 6 points SRS Airbag juga jadi fitur keselamatan standar.

 

Kepraktisan pengaturan jok untuk menciptakan volume bagasi yang lebih besar, tetap dipertahankan. Sehingga menghasilkan mode ‘flat floor design’. Apalagi fitur automatic tail gate juga sudah jadi opsi standar.

 

Astra Peugeot buka harga untuk generasi baru 3008 Allure Plus ini di angka Rp 720 juta dan untuk varian Active di harga Rp 590 juta.

Sementara untuk seri SUV 5008 yang akan didatangkan tak lama setelah 3008 ini, dikenai harga Rp 775 juta untuk varian Allure Plus dan Rp 645 juta untuk varian Active.

 

Semua harga sudah On The Road Jakarta. Menjadi pilihan menarik dan terjangkau dari sejumlah tawaran SUV dari pabrikan Eropa lain yang ada di segmen sama. (anto)