Performa Meningkat dan Lebih Sporty, Toyota Tawarkan Corolla Altis Edisi Nurburgring

  • Oleh : ADV

Rabu, 06/Okt/2021 15:18 WIB


SoundandMachine.com (Bangkok) - Boleh dibilang, apa yang dilakukan oleh Toyota ini terbilang unik. Bila biasanya pabrikan lain memberi emblem "Nurburgring" untuk mobil sport edisi khusus berperforma tinggi, pabrikan asal Jepang itu malah menyematkannya untuk sedan Corolla Altis.

Toyota mengklaim, bahwa Altis edisi Nurburgring ini, dibuat sebagai bentuk perayaan keberhasilan Altis dalam balap 24 Hours of Nurburgring, yang menang dua kali berturut-turut antara tahun 2020 dan 2021

Baca Juga:
Dari Penjualan Hingga Kesiapan Mudik 2024, Toyota Semakin Jagokan Kendaraan Elektrifikasi

Sebagai pembeda dengan versi standar, Toyota Corolla Altis yang beredar di Thailand ini diberi satu set aksesori khusus, yang terdiri dari bodykit, dan beberapa komponen peningkat performa. Aksesori Nurburgring itu sendiri telah diresmikan sejak 1 Oktober ini.

Baca Juga:
Perluas Pangsa Pasar, Toyota Hadirkan Ragam Kendaraan Fleet dan Komersial Terbaru

"Dengan bodykit terpasang, Altis memang memiliki kemiripan yang lewat dengan mobil balap," tulis Toyota Thailand dalam keterangan resminya. Aura mobil balap itu, terpancar dari lubang kembar di bawah gril atas.

Lalu, bagian gril bawahnya terbelah, dan berpadu harmonis dengan ventilasi udara palsu. Di bagian belakang, terdapat diffuser berukuran besar. Selain itu, tersedia pula lips bumper depan, side skirt samping, spoiler minimalis di atas bagasi dan lencana Nurburgring di fender depan.

Baca Juga:
Dimensi Kompak Suara Menghentak, Speaker Hertz CK 165 F Cocok untuk Upgrade Audio Harian

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, paket yang ditawarkan juga termasuk komponen peningkat performa. Komponen itu berupa lowering springs dan accelerator control box. 

Lowering springs disebut mampu membuat ketinggian mobil menjadi sedikit berkurang, namun dengan handling yang meningkat. Sementara Accelerator control box, berfungsi untuk meningkatkan respons throttle. 

Paket Nurburgring ini tersedia untuk Altis tipe 1,8 Sport dan 1,8 Hybrid Smart. Untuk 1.8 Sport, tenaganya berasal dari mesin bensin 2ZR-FBE 1.8 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 140 PS pada 6.000 rpm dan torsi 177 Nm pada 4.000 rpm.

Tenaga yang dihasilkan, lantas disalurkan ke roda melalui transmisi CVT. Sedangkan versi hybrid, menggunakan mesin 2ZR-FXE yang menghasilkan tenaga 98 PS pada 5.200 rpm dan torsi 142 Nm pada 3.600 rpm dan dikawinkan dengan motor listrik bertenaga 72 PS/122 Nm. Sehingga, Altis versi hybrid memiliki total tenaga 122 PS. (EPS)