Punya Desain Futuristis, Toyota Berencana Produksi Aygo X Akhir Tahun Ini

  • Oleh : ADV

Jum'at, 08/Okt/2021 17:51 WIB


SoundandMachine.com (Kolin) - Produsen otomotif asal Jepang, Toyota, baru saja mengkonfirmasi bahwa mereka akan segera menghadirkan produk mobil kecil anyar untuk konsumennya di Eropa, yakni All-New Aygo X.

Rencananya, mobil mungil itu akan diluncurkan pada awal November 2021 mendatang. Seperti dilansir dari laman resmi Toyota Eropa pada Jumat, 8 Oktober 2021, All-New Aygo yang akan dirilis merupakan generasi ketiga. 

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Sebelumnya, Aygo pertama kali diluncurkan pada 2005 dan diperbarui pada 2014, untuk menjadi pesaing Citroen C1, Kia Picanto, Hyundai i10 dan Peugeot 107. Toyota menyebut, huruf X menandakan mobil itu sebagai 'Cross' alias crossover.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

Hal ini menandakan bahwa segmen mobil itu telah melebar dari city car ke crossover, guna mengikuti perkembangan tren otomotif secara global. Ken Billes, Asisten Kepala Desainer Studio European Design Toyota ED2 mengatakan, Aygo X adalah perubahan model penuh pertama yang direncanakan dan dikembangkan di Eropa. 

"Ini dirancang oleh Toyota Motor Eropa dan diproduksi di Eropa, tepatnya di Kolin, Republik Ceko, untuk pelanggan Eropa. Sehingga cocok untuk jalan perkotaan dan pinggiran kota di benua itu," jelas Billes.

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

Lebih lanjut ia mengatakan, Aygo X dibangun di atas platform GA-B dari Toyota New Global Architecture, yang pertama kali diperkenalkan di Toyota Yaris dan Yaris Crossover terbaru.

Bila dilihat konsep crossover ini cukup menarik. Bagian detail yang terlihat pada teaser adalah lampu depan LED seperti siluet huruf "C" yang dihubungkan strip, dengan gril cukup besar di bagian depan. 

Secara dimensi, Aygo model baru tampil lebih tinggi karena penggunaan roda berukuran besar. Bumper Toyota Aygo X menggabungkan gril bawah yang jauh lebih besar, dua ventilasi udara samping, dan lampu kabut LED. 

Sayang, Toyota belum mengungkap spesifikasi lebih detail mengenai mobil mungil tersebut. Namun dari kabar yang beredar, ia direncanakan akan menyandang dapur pacu dengan teknologi hybrid.

"Dengan Aygo X, saya yakin kami telah menunjukkan bahwa mobil kecil tetap bisa menjadi besar dan berani dalam kepribadian. Kegembiraan dan keceriaan selalu menjadi inti dari Aygo," pungkas Billes. (EPS)