7 Langkah Cermat Bikin Konsumsi Bensin Toyota Avanza Lebih Irit Lagi

  • Oleh : anto

Selasa, 12/Okt/2021 09:15 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) – Toyota Avanza yang mengusung mesin bensin berkapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc (seri Veloz) sejatinya punya keunggulan hemat bahan bakar. Namun ternyata, ada cara untuk bikin konsumsi bensin ‘MPV sejuta umat’ ini lebih irit lagi.

 

Baca Juga:
Pakai Platform dan Mesin Anyar, Generasi Terbaru Toyota Vios Meluncur di Thailand

“MPV ini dapat tetap irit dan ekonomis dengan menjalankan tips mengemudi yang efisien, termasuk di dalamnya melakukan servis berkala untuk menjaga performanya,” ungkap Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000 dalam keterangannya (9/10/2021).

 

Baca Juga:
First Impression All New Toyota Avanza: Upaya Naik Kelas di Tengah Persaingan Memanas

Setidaknya ada 7 langkah cermat yang bisa bikin konsumsi bensin Toyota Avanza jadi lebih irit lagi. Diantaranya:

 

1. Periksa Tekanan Udara Ban

Ritual ini sering terlupakan. Jika tekanan udara ban kurang dari yang telah ditentukan, otomatis ban semakin berat menopang beban mobil. Efeknya, bobotnya bertambah dan mobil butuh asupan bahan bakar lebih.

2. Manajemen Perjalanan

Gunakan peta digital untuk menentukan rute perjalanan terbaik sehingga konsumsi bahan bakar dapat ditekan. Sehingga kemacetan bisa dihindari dan perjalanan tidak tergesa-gesa.

 

3. Jaga Emosi di Mobil

Atur irama mengemudi dan tidak emosi memacu kendaraan yang membuat penggunaan bensin meningkat.

 

4. Mengemudi dengan Santai dan Halus

Saat menginjak pedal gas, biarkan mobil melaju dengan memanfaatkan momentum. Atur jarak yang pas dengan mobil di depan sehingga tidak perlu tergesa-gesa menginjak pedal gas atau pedal rem. Segera matikan mesin saat berhenti lama, seperti di mini market atau rest area jalan tol.

5. Ganti Posisi Gigi Transmisi di Momen yang Tepat

Avanza bertransmisi otomatis lebih mudah dalam penggantian posisi gigi. Disarankan berkendara dengan halus agar gigi pindah di putaran mesin rendah, biasanya sekitar 2.000 rpm.

 

Untuk Avanza manual, pindahkan gigi transmisi di putaran mesin 2.000 rpm lebih sedikit. Di putaran ini biasanya mobil sudah mendapatkan gaya dorong yang cukup. Saat mengurangi laju mobil, tidak perlu terlalu cepat menurunkan posisi gigi transmisi.

 

Biarkan sampai terasa nyaris habis tenaganya, baru oper ke gigi lebih rendah. Kecuali dalam situasi tertentu seperti waktu menanjak atau ingin menyalip kendaraan lain.

 

6. Manfaatkan Fitur Eco Indicator

Jika gaya berkendara termasuk irit bensin, maka lampu indikator berwarna hijau akan muncul. Ini artinya ECO Indicator selalu menyala, level eco driving.

7. Servis Berkala Secara Rutin

Servis berkala secara rutin di bengkel resmi untuk mengembalikan performa mesin Avanza supaya tetap bertenaga dan efisien. Termasuk memastikan komponen pendukung mobil dalam kondisi prima. Positifnya, konsumsi BBM tidak akan berlebihan.

 

“Segera manfaatkan Promo Toyota Flexy Service untuk Avanza kesayangan melalui Auto2000 Digiroom,” tutup Nur Imansyah. Boleh dicoba, nih. (anto)