Lebih Canggih dan Banyak Varian, Lexus NX Generasi Terbaru Meluncur di Jepang

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 14/Okt/2021 10:00 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Generasi terbaru SUV kompak Lexus yaitu Lexus NX sudah resmi meluncur untuk pasar Jepang.

NX, yang sudah memasuki generasi kedua, memiliki banyak varian eksterior, interior, dan mesin sehingga lebih bisa menyesuaikan preferensi masing-masing pelanggan.

Baca Juga:
Ada Sistem Audio Bose dan Penggerak AWD, Mazda Tambah Fitur CX-5 Facelift

Dari kiri ke kanan: Normal, Version L, F Sport (sumber: Lexus)

Baca Juga:
Sikat Nih! Astra Peugeot Tawarkan Paket Kredit Menarik untuk 3008 dan 5008 Terbaru

Mulai dari eksterior, NX memiliki 3 varian, yaitu Normal, Version L untuk tampilan lebih elegan, dan F Sport dengan tampilan lebih sporti.

Kemudian untuk interior, NX generasi kedua mengusung “Tazuna Concept” yang membuat pengemudi bisa terhubung dengan mobil secara intuitif agar lebih fokus mengemudi.

Baca Juga:
Mitsubishi Resmi Ungkap Wujud Outlander PHEV Generasi Terbaru

Varian warna interior Lexus NX (sumber: Lexus)

Tazuna Concept tersebut juga terkait pada pilihan warna interior, yaitu 4 pilihan warna untuk non-F Sport dan 3 pilihan warna F-Sport.

Varian mesin Lexus NX, dari kiri ke kanan: turbo, hybrid, dan plug-in hybrid (sumber: Lexus)

Kemudian untuk mesin tersedia 4 pilihan, yaitu Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHV) NX450h+, Hybrid NX350h, 2.400 cc turbo T24A-FTS NX350, dan 2.500 cc naturally aspirated A25A-FKS NX250.

Sistem PHV tersebut memiliki mesin pembakaran dalam 2.500 cc dan motor listriknya memiliki output 18.1 kWh.

Untuk hybrid non-PHV, mesin pembakaran dalamnya sama seperti PHV, namun ada perbedaan di baterai karena metode pengisiannya berbeda.

NX dibuat di atas platform Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-K yang ringan, rigiditas tinggi dan center of gravity lebih rendah untuk handling lebih baik, serta sudah mendukung komponen penunjang PHV.

Untuk tipe F Sport sudah memakai Adaptive Variable Suspension dan Performance Damper yang mempertajam handling, sekaligus mengurangi getaran.

(sumber: Lexus)

Menariknya, NX bisa membantu pemiliknya memarkirkan mobil melalui smartphone, seperti Advanced Park yang membantu mengarahkan, dan digital key untuk mengunci pintu.

Tentunya aspek safety juga turut ditingkatkan, terutama yang bersifat mencegah.

Seperti Lexus Safety System + dan e-latch untuk mencegah terjadinya benturan akibat pintu yang terbuka.

Untuk e-latch, apabila mendeteksi adanya objek di sekitar mobil dan berpotensi terjadinya benturan, sistem akan membunyikan peringatan agar pengemudi dan penumpang tidak membuka pintu sampai keadaan aman.

Sementara Lexus Safety System +, Lane Departure Alert-nya terintegrasi dengan electric power steering sehingga tidak ada lagi motor yang dedicated untuk power steering seperti di mobil konvensional.

Selain itu, NX juga dilengkapi Intersection Collision Avoidance Support yang membantu mencegah terjadinya benturan di perempatan.

Apabila terdeteksi bahwa akan terjadi benturan, sistem akan membunyikan alarm hingga melakukan pengereman.

Kira-kira fitur canggihnya ada gak ya untuk pasar Indonesia?

(Joule)