Siap Diajak Kemanapun, Lexus Resmi Rilis SUV Flagship LX Generasi Baru

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 15/Okt/2021 09:20 WIB


SoundandMachine.com (Arab Saudi) – Lexus telah resmi merilis generasi terbaru SUV flagship-nya, yaitu Lexus LX di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab sebagai negara world premiere.

LX, yang sekarang sudah generasi keempat, tampil memadukan konsep produk reliability, durability, dan rough road driving performance, dengan segala improvisasi kemewahan dan fitur teknologinya.

Baca Juga:
Jangkau Lebih Banyak Pelanggan, Store OLX Autos Kini Hadir di Surabaya

“Kami menciptakan kendaraan, selain memiliki performa off-road yang luar biasa, dapat dikendarai tanpa ragu di jalan mana pun, baik di dalam kota, di jalan raya, atau di medan ganas, dan memungkinkan semua penumpang untuk bepergian dengan nyaman.” buka Takami Yokoo, Chief Engineer Lexus International dalam keterangan rilisnya (14/9/2021).

Seperti Toyota Land Cruiser generasi terbaru, LX menggunakan platform Toyota New Global Architecture GA-F yang masih mempertahankan struktur body-on frame, tetapi lebih ringan dan kaku.

Baca Juga:
Antusias Tinggi, Layanan Jual Mobil OLX Autos Diminati Pengunjung GIIAS 2021

(sumber: Lexus)

Baca Juga:
Kampanye Baru OLX Autos Jujurly Aman, Jual Mobil Jadi Lebih Cepat dan Mudah

Desain eksterior LX mengusung konsep “Dignified Sophistication” yang masih terlihat seperti generasi sebelumnya, tetapi dibuat lebih padat dan proporsional.

Selain itu bagian belakang LX memakai elemen bahasa desain terbaru Lexus dari lampu belakang yang dibuat menyatu, dan logotype Lexus tanpa logo L-nya.

LX merupakan Lexus pertama dengan pelek standar 22 inci, namun untuk tipe Executive yang lebih berorientasi pada kenyamanan. Untuk performa off-road lebih, Lexus juga menyediakan pelek standar 18 inci.

(sumber: Lexus)

Interior LX mengusung Tazuna Concept yang membuat pengemudi bisa lebih berkonsentrasi dan intuitif selama berkendara.

Tentunya interior LX dirancang agar tetap nyaman meskipun mobil sedang melintasi medan off-road, baik untuk pengemudi maupun penumpang.

Untuk pengemudi, setir dan pedal gas dan rem LX dirancang lebih mendukung postur tubuh, termasuk ketika melewati medan off-road.

(sumber: Lexus)

Di tipe “Executive” jok penumpang belakang dirancang lebih nyaman sepanjang perjalanan dengan ukuran jok lebih besar serta sejumlah fitur kenyamanan lainnya.

Seperti Land Cruiser, LX memakai mesin baru yang terdiri dari 3.500 cc twin-turbo V6 V35A-FTS bertenaga 415 PS dan torsi 650 Nm yang disalurkan oleh transmisi otomatis 10-percepatan.

Mesin tersebut bukan hanya memiliki tenaga dan torsi besar, tetapi juga dirancang andal melewati medan off-road.

Pasalnya, bearing dan oil seal-nya tahan air dan debu, serta ketahanan oil supply apabila mobil melewati medan off-road dengan kemiringan hingga 45 derajat.

(sumber: Lexus)

Untuk meningkatkan performa off-road, fitur multi-terrain select dan crawl control diimprovisasi, ditambah multi-terrain monitor untuk pemantauan.

Wheelbase 2.850 mm, maksimum inclination angle 44 derajat, kemampuan menghadapi tanjakan 45 derajat, dan performa menghadapi genangan hingga 700 mm masih dipertahankan, dan itu yang terbaik untuk performa off-road menurut klaim Lexus.

(sumber: Lexus)

Sementara untuk peningkatan performa on-road, LX dilengkapi Active Height Control dimana ketinggian mobil bisa menyesuaikan kondisi jalan, power steering elektrik lebih adaptif dengan kecepatan, dan electronic controlled brake system untuk pengerman lebih linear.

Suspensi LX juga dilengkapi Adaptive Variable Suspension dimana linear solenoid valve system-nya menghasilkan respons gaya redaman sangat baik ketika menikung atau melewati jalan kasar.

LX sudah memakai Lexus Safety System + dengan pencegahan terjadinya benturan yang lebih baik melalui sejumlah fiturnya.

Kehadiran LX generasi baru menunjukkan bahwa SUV mewah atau flagship sebaiknya memiliki kemampuan off-road yang lebih mumpuni, bukan hanya untuk tampil gaya di perkotaan semata.

(Joule)