Kendaraan Komersil Rasa Mobil Penumpang, Nissan Luncurkan Caravan

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 21/Okt/2021 13:37 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Nissan meluncurkan kendaraan terbaru yang menyasar segmen fleet dan komersil, yaitu Nissan Caravan.

Meski menyasar pada segmen fleet dan komersil, mobil tanpa hidung tersebut menawarkan sejumlah fitur layaknya mobil penumpang zaman sekarang.

(sumber: Nissan)

Pertama dari eksterior yang bukan hanya lebih modern tetapi juga punya karakter dinamis, kuat, dan mencolok.

Kemudian Nissan juga memiliki beberapa pilihan warna layaknya kendaraan pribadi, sebut saja pure white pearl, midnight black, dan stealth gray dimana warna tersebut akan timbul keunikannya ketika disinari.

Menariknya, cat tersebut memiliki campuran bahan resin yang memiliki elastisitas tinggi, dan pelindung baret yang bisa mengembalikan kondisi cat seperti semula apabila tergores.

(sumber: Nissan)

Berikutnya, interior yang lebih berorientasi mobil pribadi, dari tudung dan desain panel instrumen yang memiliki bentuk layaknya sedan mewah Nissan, seperti Fuga dan Skyline.

Jok Caravan dilengkapi spinal support yang menjaga postur tubuh saat mengemudi sehingga mengurangi lelah selama berkendara, terutama untuk jarak jauh.

Selain itu setirnya juga memakai D-Shaped seperti Serena, Kicks e-POWER, dan Leaf yang memberi impresi bahwa mobil tersebut akan menyenangkan untuk dikendarai.

Setir dan jok Caravan memakai bahan anti bakteri untuk menekan pertumbuhan bakteri dan virus sehingga kehigienisan kabin lebih terjaga.

(sumber: Nissan)

Berhubung Caravan menyasar pasar fleet dan komersil, Nissan menyediakan banyak varian dimana pelanggan bisa memilih sesuai kebutuhan dari varian bodi dan kabinnya.

Untuk varian bodi seperti long body, super long body + high roof (atap panjul), super long body + high roof + wide body, dan sebagainya yang memiliki daya angkut berbeda.

(sumber: Nissan)

Sementara untuk kabin, lantainya ada flat floor dan low floor, dan untuk isinya ada multibed yang bisa jadi ruang kerja berjalan, transporter dengan peningkatan durabilitas lantai untuk mengangkut barang outdoor berukuran besar, dan sebagainya.

(sumber: Nissan)

Untuk sistem keselamatan aktif, Nissan juga menyematkan intelligent emergency brake sebagai standar, dan khusus varian tertentu ada intelligent emergency brake dan intelligent room mirror.

Caravan tersedia mesin 2.000 cc QR20DE bertenaga 130 PS dan 2.500 cc QR25DE bertenaga 147 PS, yang menariknya kedua mesin tersebut disalurkan oleh transmisi otomatis torque converter 7-percepatan.

Transmisi tersebut bukan hanya membuat penyaluran tenaga dan efisiensi bahan bakar lebih baik, tetapi juga membantu kabin menjadi lebih hening.

Sebetulnya Nissan juga menyediakan versi mobil penumpang dari Caravan, namun adanya perbedaan eksterior serta kabin karena varian berdasarkan kebutuhan pelanggan saja.

Selebihnya akan sama, terutama dari rasa berkendara sejak dasbor, setir, dan bentuk jok sama, begitu juga mesin dan transmisinya.

Itulah mengapa meski menyasar segmen fleet atau komersil, Caravan bisa memiliki rasa kendaraan pribadi dari dasbor dan varian mesin serta transmisi otomatisnya.

(Joule)