Tenaga Lebih Besar, Porsche Siap Luncurkan 718 Cayman GT4 RS Bulan Depan

  • Oleh : ADV

Kamis, 21/Okt/2021 14:48 WIB


SoundandMachine.com (Berlin) - Setelah banyak spekulasi dan beberapa spyshots yang beredar di dunia maya, Porsche akhirnya mengkonfirmasi bahwa 718 Cayman GT4 RS, sedang dalam perjalanan menuju produksi massal. 

Kabarnya, model baru ini akan merayakan premier dunianya pada bulan November tahun ini. Sports car anyar tersebut dibuat untuk menggantikan 718 Cayman GT4 yang beredar selama ini.

Baca Juga:
Tawarkan Cicilan Terjangkau, Mandiri Utama Finance Jadi Mitra Resmi Pembiayaan Mobil Sport Porsche

Sayangnya, produsen mobil berperforma tinggi legendaris asal Jerman tersebut, belum mengungkap lebih jauh mengenai spesifikasi maupun teknologi yang digunakan pada jagoan terbarunya itu.

Namun yang pasti, dari berbagai informasi yang didapat, 718 GT4 RS memiliki handling yang sangat dinamis, baik ketika digunakan di jalan pegunungan yang berkelok-kelok maupun di trek balap.

Baca Juga:
Hadir di GIIAS 2023, Porsche Indonesia Luncurkan Dua Model Baru Penakluk Segala Medan

Bahkan, khusus di trek balap, menurut hasil pengetesan Porsche GT4 RS mampu mencapai waktu tercepat di Sirkuit Nurburgring-Nordschleife sejauh 20,6 km, hanya dalam 7:04,511 menit.

Baca Juga:
Rayakan 75 Tahun Eksistensi Mereknya, Porsche Indonesia Adakan Festival of Dreams

Catatan waktu itu 23,6 detik lebih dari 718 Cayman GT4. "Selama pengembangan, kami memberikan 718 Cayman GT4 RS semua yang menjadi ciri khas RS asli, seperti konstruksi ringan, lebih banyak downforce, lebih banyak tenaga," kata Andreas Preuninger, Direktur Porsche.

Ia menambahkan, GT4 RS juga memiliki tingkat respons dan umpan balik yang lebih tinggi terhadap keinginan pengemudi. Downforce yang meningkat, bisa dilihat penggunaan ventilasi di kapnya, sayap belakang yang lebih besar ala 911 GT3 RS, serta splitter depan. 

Ada juga roda pengunci tengah, spatbor yang sedikit melebar, dan ujung knalpot yang lebih menonjol. Agar dapat melaju kencang, Porsche melakukan beberapa ubahan pada mesin 4.0 liter, flat-six naturally aspirated.

Mesin tersebut kini mampu menghasilkan tenaga hingga 450 PS. Tenaga tersebut lebih besar 30 PS dibanding 718 Cayman GT4 sebelumnya yang memiliki angka 420 PS. Tenaga yang dihasilkan, lantas disalurkan ke roda melalui transmisi kopling ganda PDK tujuh percepatan.

"Waktu putaran yang fantastis dari Nordschleife adalah bukti yang mengesankan tentang betapa nyatanya peningkatan dalam dinamika berkendara ini. Pelanggan kami dapat menantikan mobil ini, dan menjadikan pengalaman berkendara yang mendebarkan sebagai prioritas mutlak," pungkas Andreas. (EPS)