Berubah Total, Honda Civic Terbaru Tampil Lebih Sporti Ditambah Deretan Fitur Canggih

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 29/Okt/2021 10:45 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - PT Honda Prospect Motor telah resmi meluncurkan generasi terbaru sedan legendaris Honda Civic di Indonesia melalui acara virtual yang digelar pada tanggal 28 Oktober 2021.

Civic, yang sekarang memasuki generasi kesebelas, untuk pertama kalinya di Indonesia hanya tersedia varian RS sebagai bagian dari lini Honda yang memiliki tampilan dan performa lebih sporty.

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

Namun All New Civic tidak hanya tampil lebih sporti, tetapi juga memiliki deretan fitur canggih dengan harga yang dibaderol mulai dari Rp. 567 juta.

“Kesuksesan yang telah ditorehkan generasi sebelumnya menjadi acuan bagi kami untuk merancang model terbaru ini, dengan kembali menawarkan terobosan dalam hal desain dan teknologi, terutama dari sisi performa, keselamatan dan kenyamanan.” buka Takehiro Watanabe selaku President Director PT Honda Prospect Motor dalam keterangan rilisnya (28/10/2021).

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

Dari sisi eksterior All New Honda Civic RS menampilkan perubahan desain total yang lebih sporty dibanding generasi sebelumnya, dimulai dari desain gril depan dan lampu depan LED.

Untuk mempertegas kesan sporti, All New Civic dilengkapi Aero Trunk Spoiler, pelek 17” Matte Black, Shark Fin Antenna, dan aksen hitam pada gagang pintu dan batok spion.

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

(sumber: Honda)

Sementara bagian belakang menampilkan Dual Exhaust Pipe Finisher serta Rear Combi Lamp with LED Light Bars.

Interior juga terlihat lebih menawan dengan desain baru dan deretan fitur canggih di baliknya.

(sumber: Honda)

Dimulai dari aksen honeycomb berbahan logam yang membentang pada dasbor meningkatkan kesan mewah, sekaligus yang berfungsi sebagai sekat antara 9” Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio dan pengaturan A/C otomatis yang sudah Dual Zone.

(sumber: Honda)

Fitur canggih tersebut antara lain interactive TFT Meter Cluster with Customized Display Setting kini hadir dengan tampilan full digital yang lebih besar, sebesar 10,2”.

Panel instrument tersebut dapat menampilkan Honda SENSING, sistem navigasi, rear seat reminder, hingga aktivitas lampu indikasi pada kendaraan seperti saat lampu headlight, blinker hazard, dan brake menyala.

Pengemudi juga dapat memilih dua tampilan untuk tachometer dan speedometer dengan round display atau pun bar graph display sesuai keinginan.

Shift Knob dan setir berlapis kulit, dan jahitan berwarna merah pada Door Armrest dan Suede Leather Combi Trimmed Seat yang dikombinasikan dengan Door trim with Red Illumination, mempertegas kesan sporti di interior, sekaligus memberi cita rasa berkelas.

All New Civic semakin aman dengan Walk-away auto lock yang akan mengunci pintu secara otomatis ketika pengendara berjalan sejauh minimal 1,5 meter dari kendaraan.

Selain itu All New Civic juga dilengkapi Rear Seat Reminder dimana akan terdapat informasi di panel instrumen bahwa terdapat objek yang tertinggal di bagian belakang kabin apabila sebelumnya pengendara telah membuka pintu belakang.

(sumber: Honda)

Untuk pertama kalinya pada jajaran mobil Honda dan di kelasnya, Honda Smart Key Card hadir sebagai alternatif pengganti remote control yang lebih ringkas dan seamless.

Kunci yang berbentuk seperti kartu ini akan memungkinkan pengendara untuk dapat mengakses fitur-fitur unggulan.

Seperti One Push Ignition System, Smart Entry System serta Walk-Away Auto Lock, sehingga pengendara dapat dengan mudah mengoperasikan mobil hanya dengan Smart Key Card.

Teknologi keselamatan canggih Honda SENSING terlengkap di Indonesia juga untuk pertama kalinya diterapkan pada All New Civic RS sehingga lebih mengurangi resiko kecelakaan.

Teknologi Honda SENSING pada All New Civic meliputi; Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow, Auto-High Beam, serta Lead Car Departure Notification System (LCDN).

All New Civic juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan berstandar tinggi lainnya, seperti Honda LaneWatchTM yang memberikan pengemudi pandangan yang lebih luas dari area blind spot.

Mesin yang diusung All New Civic telah diimprovisasi dengan 1.5 liter DOHC VTEC Turbo sehingga menghasilkan tenaga maksimum yang terbesar di kelasnya, yaitu 178 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm di 4.500 rpm.

Untuk sensasi berkendara sporti, tersedia fitur SPORT Mode untuk pengaturan performa yang lebih agresif dan didukung fitur Paddle Shift untuk kendali perpindahan transmisi yang lebih sporty.

Namjn apabila ingin berkendara santai, tersedia ECON Mode untuk pengaturan karakter berkendara yang lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

“Dengan dilengkapi berbagai pembaharuan dan teknologi Honda SENSING yang sudah semakin lengkap, All New Honda Civic RS akan memberikan value for money tinggi bagi konsumen di Indonesia.” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor.

All New Civic menawarkan 4 pilihan warna, yaitu Ignite Red Metallic, Meteoroid Gray Metallic, Crystal Black Pearl, dan Platinum White Pearl.

(Joule)