GR Yaris Bukan Yang Pertama, Begini Perjalanan Hatchback 3 Pintu Toyota Gazoo Racing

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 28/Okt/2021 11:35 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Jauh sebelum perilisan GR Yaris, Toyota sudah lama merilis lini Toyota Gazoo Racing dalam bentuk hatchback 3-pintu.

Hatchback 3-pintu merupakan jenis mobil yang terpenting dalam perjalanan mobil produksi Toyota Gazoo Racing, karena menjadi mobil produksi pertama.

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

Hanya saja awalnya Toyota membuat lini Toyota Gazoo Racing dengan memodifikasi yang sudah ada untuk menjadi sebuah mobil produksi Toyota Gazoo Racing dan dijual dalam unit terbatas.

Dengan kata lain, pada waktu itu Toyota belum membuat lini Toyota Gazoo Racing dari nol, yang ditandai dari GR (nama mobil), seperti GR Yaris.

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

Meski demikian, Toyota cukup konsisten memproduksi lini hatchback 3-pintu dari pertama membuat lini Toyota Gazoo Racing hingga sekarang.

Toyota iQ GRMN dan iQ GRMN Supercharged

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

Toyota iQ GRMN (kiri) dan Toyota IQ GRMN Supercharged (kanan) (sumber: Toyota)

Toyota iQ Gazoo Racing tuned by Meister of Nurburgring (GRMN) merupakan Toyota Gazoo Racing pertama yang masuk ke dalam lini mobil produksi pada tahun 2009 sebanyak 100 unit.

Sesuai namanya iQ GRMN memakai basis dari hatchback 3 pintu yaitu Toyota iQ yang dimodifikasi atas arahan Hiromu Naruse, figure Meister of Nurburgring Toyota, dengan konsep joy of driving in every situation.

Toyota memodifikasi suspensi, menambahkan rem cakram untuk roda belakang serta penguat sasis, dan menyematkan transmisi manual 6-percepatan, yang waktu itu untuk pasar Jepang baru tersedia transmisi CVT.

Sebagai pembeda, selain modifikasi suspensi yang membuatnya lebih ceper 30 mm, Toyota memodifikasi bagian eksterior seperti pelek 16 inci, rear roof extension, dan emblem GRMN.

Kemudian pada tahun 2012, Toyota rilis iQ GRMN dengan mesin supercharger, tuning suspensi, transmisi manual 6-percepatan close ratio, dan parts eksterior serta interior yang membedakan dengan iQ GRMN sebelumnya.

Toyota Vitz GRMN Turbo

(sumber: Toyota)

Untuk pertama kalinya Toyota memakai mobil yang tidak beredar di Jepang sebagai basis produksi Toyota Gazoo Racing, yaitu Yaris 3 pintu menjadi Vitz GRMN Turbo keluaran tahun 2013 sebanyak 200 unit.

Untuk menjadi Vitz GRMN Turbo, pertama Toyota memakaikan turbo ke mesin 1.500 cc 1NZ-FE hingga membuat tenaganya menjadi 152 PS dan torsinya 206 Nm di 4.000 rpm.

Kemudian suspensinya di-tune oleh Toyota Gazoo Racing dengan pengalaman membuat mobil balap untuk bertarung di ajang Nurburgring.

Toyota juga membuat eksterior dan interior Vitz GRMN Turbo lebih sporti, sekaligus pembeda dengan Yaris 3-pintu.

Toyota Yaris GRMN

(sumber: Toyota)

Mulai tahun 2017, Toyota Gazoo Racing merambah ke pasar luar Jepang, tepatnya Eropa, dengan merilis Yaris GRMN sebanyak 400 unit.

Selain itu, Toyota juga mulai membawa ajang reli sebagai pengaruh dalam pembuatan hatchback 3-pintu karena partisipasinya di World Rally Championship (WRC).

Dengan basis Yaris 3 pintu, Yaris GRMN memakai mesin 1.800 cc supercharged dengan tenaga 210 PS dan disalurkan oleh transmisi manual 6-percepatan ke roda depan yang berarti front wheel drive.

Selain itu, Toyota juga memodifikasi suspensi dengan tuning input dari pengalaman berpartisipasi di sejumlah ajang motorsport di Nurburgring, serta limited slip differential Torsen untuk traksi lebih baik.

Untuk sektor pengereman, Yaris GRMN sudah dilengkapi rem 4-pot ventilated disc untuk roda depan.

Tentunya sebagai pembeda, Toyota membuat eksterior dan interiornya lebih sporti dan khas Toyota Gazoo Racing.

Toyota Vitz GRMN

(sumber: Toyota)

Vitz GRMN kembali diproduksi pada tahun 2018, namun dengan eksterior serta jeroan yang berbeda dengan sebelumnya, dan menjadi Vitz GRMN Supercharged.

Dengan basis Yaris 3-pintu yang tidak beredar di Jepang, Vitz GRMN memakai mesin 1.800 cc 2ZR-FE supercharger dengan tenaga 212 PS dan torsinya 250 Nm di 4.800 rpm dengan transmisi manual 6-percepatan, tapi penggeraknya masih front wheel drive.

Namun suspensinya udah performa tinggi SACHS, rem 4-pot caliper, sistem Vehicle Stability Control untuk medan gravel dan salju, serta penambahan rangka di lantai dan suspension tower bar untuk handling lebih tajam serta sasis lebih kaku.

Meski sama-sama berbasis Yaris 3 pintu, Vitz GRMN memiliki sejumlah perbedaan pada eksterior dan interior dibanding Yaris GRMN.

Toyota GR Yaris

(sumber: Toyota)

Untuk pertama kalinya, Toyota membuat lini Gazoo Racing dengan hatchback 3-pintu yang dibuat dari nol dan menjadi GR Yaris pada tahun 2020, serta dipasarkan secara global termasuk Indonesia.

Dibalik perilisan GR Yaris, terdapat bagaimana Toyota benar-benar memanfaatkan pengalaman selama bertarung di ajang WRC ke mobil produksinya.

Pasalnya, pengalaman di ajang WRC menjadi acuan untuk tuning mesin, transmisi, sistem penggerak All-Wheel Drive, limited slip differential, hingga kaki-kaki seperti suspensi.

GR Yaris dengan spirit “Born from WRC” memakai mesin 1.600 cc 3-silinder turbo-nya bertenaga 272 PS dan torsinya 370 Nm di 3.000-4.600 rpm yang disalurkan oleh transmisi manual 6-percepatan ke semua roda atau all-wheel drive.

Meski demikian, Toyota juga menyediakan GR Yaris dengan versi yang lebih ramah untuk perkotaan, yaitu tipe RS dengan mesin 1.500 cc 3-silinder naturally-aspirated dengan penggerak roda depan.

GR Yaris dibuat sebanyak 25.000 unit secara global, 126 di antaranya untuk pasar Indonesia.

(Joule)