Lebih Sporti dan Ramah Lingkungan, Daihatsu Rilis Rocky e-Smart Hybrid

  • Oleh : Julfikri

Senin, 01/Nov/2021 14:52 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Daihatsu telah resmi meluncurkan SUV kompak bermesin hybrid, yaitu Daihatsu Rocky e-Smart.

Rocky e-Smart tampil lebih sporti setelah Daihatsu membedakan penampilannya dengan versi mesin bensin, sekaligus lebih ramah lingkungan berkat sistem hybrid e-smart-nya.

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Kecanggihan teknologi ini yang bisa jadi Nissan harus waspada, karena serupa tetapi bisa dijual dengan harga lebih terjangkau.

Baca Juga:
Penjualan Terbanyak Ke-2, Daihatsu Gran Max Hadirkan Ragam Inspirasi Kendaraan Niaga

(sumber: Daihatsu)

Kesan sporti tersebut terlihat dari corak gril, dan desain pelek yang sepintas mirip Toyota Rush keluaran dealer resmi di Indonesia.

Baca Juga:
Pelanggaran Uji Tabrak, Daihatsu Gran Max Pick-up Rakitan Indonesia Dilarang Beredar di Jepang

e-Smart merupakan sistem elektrifikasi dimana mobil tersebut 100% digerakkan oleh motor listrik, sementara mesin pembakaran dalamnya berperan menyuplai daya atau sebagai genset.

(sumber: Daihatsu)

Sistem ini serupa dengan teknologi Nissan e-POWER dimana mobil tersebut digerakkan oleh motor listrik, sementara mesin pembakaran dalamnya berperan sebagai genset.

Baterai yang digunakan berkapasitas 4,3 Ah, dan menariknya bisa menyuplai listrik sebesar 1.500 W di saat darurat.

Untuk mesin pembakaran dalam yang menjadi genset, Daihatsu memakai mesin 1.200 cc 3-silinder dengan teknologi baru high tumble straight port untuk efisiensi kerja pembakaran sebanyak 40%.

Selain itu, mesin tersebut juga diklaim mampu meningkatkan efisiensi BBM untuk disalurkan ke motor listrik hingga 28 km/liter.

Mesin pembakaran dalam yang menjadi genset berkapasitas 1.200 cc 3-silinder dengan kode WA-VXE yang berbeda dengan Rocky versi pasar Indonesia.

Rocky e-Smart hybrid dilengkapi sistem keselamatan yang juga telah disempurnakan dengan kamera stereo baru untuk smart assist, cornering trace assist, dan rem parkir elektrik.

(sumber: Daihatsu)

Selain itu, Rocky e-Smart hybrid juga dilengkapi Smart Pedal (S-PDL) dimana untuk menjalankan dan menghentikan mobil bisa dilakukan dalam satu pedal, seperti e-Pedal-nya e-POWER atau mobil listrik Nissan.

Sementara untuk kembarannya, Toyota Raize, dikabarkan juga tersedia versi mesin hybrid dengan sistem yang sama seperti Rocky e-Smart.

(Joule)