Pakai Teknologi Daihatsu, Toyota Rilis Raize Bermesin Hybrid

  • Oleh : Julfikri

Senin, 01/Nov/2021 18:33 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Bersamaan dengan perilisan Daihatsu Rocky e-Smart, Toyota dikabarkan juga merilis SUV kompak Raize bermesin hybrid.

Namun teknologi hybrid yang digunakan di Raize ternyata sama persis dengan Daihatsu yaitu e-Smart, padahal Toyota punya teknologi hybrid sendiri dan itu terkemuka.

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

(sumber: Toyota)

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

e-Smart merupakan sistem elektrifikasi dimana mobil tersebut 100% digerakkan oleh motor listrik, sementara mesin pembakaran dalamnya berperan menyuplai daya atau sebagai genset.

Selain menggerakkan mobil, baterai Raize hybrid juga dilengkapi emergency power supply yang bisa menyuplai listrik rumah tangga terutama di saat darurat, tepatnya dengan kapasitas maksimum 1.500 W.

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

(sumber: Toyota)

Toyota juga membedakan tampilan Raize antara versi mesin hybrid dengan non-hybrid, namun tidak sekentara Rocky e-Smart.

Pasalnya, perbedaan Raize hybrid dengan non-hybrid hanya di pelek, itupun bentuknya sama seperti Rocky e-Smart, dan logo Toyota biru khas lini hybrid-nya.

(sumber: Toyota)

Kemudian untuk interior, perbedaannya sebatas layar display, tombol start berwarna biru, dan rem parkir elektrik jika dibandingkan dengan Raize non-hybrid, dan itu juga ada di Rocky e-Smart.

Selain sistem hybrid, sistem keselamatan aktif Raize Hybrid juga memakai teknologi Daihatsu yaitu Smart Assist.

Sistem smart assist tersebut juga telah diimprovisasi dengan peningkatan kemampuan mendeteksi pejalan kaki, sign recognition function, dan adaptive cruise control dengan vehicle speed tracking function.

Raize Hybrid juga dilengkapi smart pedal, yaitu fitur dimana pengemudi bisa menjalankan dan menghentikan mobil hanya dengan satu pedal, seperti e-Pedal-nya Nissan.

Menariknya, meski secara teknis sama, tipe tertinggi Raize Hybrid lebih murah dari Rocky e-Smart.

Rocky e-Smart tipe Premium G dibanderol 2.347.000 Yen atau sekitar Rp. 292,9 Juta, sementara Raize hybrid tipe Z 2.328.000 Yen atau sekitar Rp. 290,6 juta.

Jadi apakah lebih baik Rocky e-Smart dan Raize Hybrid, jawabannya lebih ke selera masing-masing, karena yang membedakan hanya tampilan eksterior.

(Joule)