Lebih Awal di Indonesia, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize di Jepang Kini Mengusung Mesin 1.200 cc

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 12/Nov/2021 09:00 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Setelah dirilis untuk pasar Indonesia, sekarang duo SUV kompak Daihatsu Rocky dan Toyota Raize pasar Jepang sudah tersedia mesin 1.200 cc 3-silinder berkode WA-VE.

Menurut keterangan persnya, Rocky dan Raize pasar Jepang hadir dengan mesin WA-VE karena merupakan mesin dengan keseimbangan yang baik antara output performa dan efisiensi bahan bakar.

Baca Juga:
Komitmen Memajukan Dunia Modifikasi, Bamsoet Terpilih Menjadi Ketua Dewan Komite NMAA Indonesia

(sumber: Daihatsu)

Baca Juga:
Dorong Penjualan Kendaraan Bermotor, Harga Daihatsu Ayla dan Sigra Kini Lebih Terjangkau

Pasalnya, mesin tersebut memiliki high-tumble straight port dengan kecepatan pembakaran tinggi, tahan knocking atau ‘ngelitik’, dan efisien untuk mengubah pembakaran menjadi tenaga.

Selain itu, dual port dan low penetration spray bekerja menyemprotkan partikel lebih halus, mengurangi bahan bakar yang menempel pada port dan katup, dan membersihkan sisa gas pembakaran.

Baca Juga:
BBS Jadi Supplier Eksklusif Untuk Mobil Balap Formula 1 Musim 2022

Meski tanpa turbo, mesin WA-VE memiliki torsi yang tinggi dari kecepatan rendah, serta akselerasi linier dan respons cukup baik ketika digas.

Kelebihan lainnya, konsumsi BBM mesin 1.200 cc WA-VE lebih irit dari 1.000 cc turbo 1KR-VET, dan menurut klaim Daihatsu bisa mencapai 24,6 km/liter, sementara mesin 1.000 cc turbo 21,2 km/liter.

Setelah dilakukan perbandingan melalui website resmi, mesin WA-VE untuk Rocky dan Raize versi pasar Jepang memiliki sedikit perbedaan dengan versi pasar Indonesia.

Seperti versi Indonesia tenaganya 88 PS di 6.000 rpm yang berarti 1 PS lebih besar, angka kompresi versi pasar Indonesia 12,8:1 sementara versi Jepang 12,8, dan bore and stroke versi Indonesia 73,5 x 94,1 mm, sementara versi Jepang 73,5 x 94 mm.

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize 1.200 cc pasar Jepang (sumber: Daihatsu dan Toyota)

Selain spesifikasi, juga terdapat perbedaan penempatan varian mesin 1.200 cc antara Rocky dan Raize pasar Jepang dan Indonesia.

Untuk pasar Jepang, baik Rocky maupun Raize, mesin 1.200 cc WA-VE ada di semua tipe, yang berarti meskipun mesin 1.200 cc kelengkapannya bisa sama dengan varian mesin 1.000 cc turbo.

Namun untuk pasar Jepang, baik Rocky maupun Raize, mesin 1.200 cc WA-VE hanya tersedia penggerak depan, sementara varian mesin 1.000 cc turbo sekarang hanya tersedia penggerak 4 roda.

Toyota Raize (atas) dan Daihatsu Rocky mesin 1.200 cc pasar Indonesia (sumber: Daihatsu dan Toyota)

Sementara untuk pasar Indonesia, untuk Raize mesin 1.200 cc WA-VE diposisikan di tipe paling rendah, sementara Rocky ada di tipe menengah ke bawah.

(Joule)